2013 Pemko Investasi 20 M Beli Bus SAUM

2013 Pemko Investasi 20 M Beli Bus SAUM
(Ilustrasi int)

PEKANBARU (RA)- Niat pemerintah kota Pekanbaru untuk membangun semua koridor di Pekanbaru tahun 2013, akan di dukung dengan penyertaan modal investasi Rp20 Miliyar.

"Pemerintah Kota Pekanbaru akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp20 M sebagai penyertaan modal di PD.Pembangunan guna pengembangan usaha dibidang transportasi," ungkap Firdaus senin (15/10).

Kata Firdaus, dana 20 M tersebut diperuntukkan untuk pembelian DP kendaraan Bus SAUM sebanyak 40 unit dengan total anggaran 15 M serta biaya operasional dua bulan pertama 5 M.

"Penyertaan modal ini sebagai antisipasi jika tidak ada investor yang berminat dalam kerjasama pengadaan bus  SAUM,” urai Walikota.

Menurutnya alokasi dana penyertaan modal ini sangat-sangat diprioritaskan guna menunjang target operasional SAUM  koridor 3,4,5 dan 6 ditahun depan.

"Diharapkan dalam waktu berjalan, pendapatan bulanan yang diperoleh dari SAUM nanti bisa digunakan untuk mengangsur cicilan kendaraan berikut juga membiayai operasional harian," urainya.

Sedianya disebut Walikota, untuk mendukung operasional SAUM dengan 6 koridor minimal diperlukan sebanyak 60 unit kendaraan dengan asumsi untuk satu koridor dilayani masing-masing 10 kendaraan. Namun jika pelayanan lebih maksimal dan penumpang tidak menunggu terlalu lama di halte, idealnya untuk 6 koridor SAUM dibutuhan 70 unit kendaraan.

Selain pengadaan Bus, Pemko juga kini sedang berusaha menaikkan status PD.Pembangunan menjadi PT.Prosesnya kini sedang di badan hukum pemko Pekanbaru.(RA5)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index