Divpropam tak Temukan Pelanggaran di Foto Kongkow Perwira Polda dan Bos PT APSL, Penyidikan di Stop

Divpropam tak Temukan Pelanggaran di Foto Kongkow Perwira Polda dan Bos PT APSL, Penyidikan di Stop
Foto Kongkow Perwira Polda dan Bos PT APSL

RIAU (RA) - Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri akan menghentikan pemeriksaan terhadap sejumlah perwira tinggi Polda Riau yang beberapa hari lalu diketahui berkumpul dengan Dirut PT Andika Permata Sawit Lestari (APSL). Penghentian ini dilakukan karena, Propam tidak menemukan pelanggaran dalam pertemuan tersebut.

Dimana Propam Mabes Polri sudah memeriksa sejumlah saksi terkait pertemuan perwira Polda Riau dengan Dirut PT APSL. Dari hasil pemeriksaan itu, menurut Kepala Divisi Propam Polri Irjen Muhammad Iriawan, disimpulkan bahwa pertemuan kedua pihak terjadi tanpa direncanakan.

"Kami cek saksi-saksi semua yang ada di lokasi, pertemuan itu ternyata memang tidak sengaja dan yang paling penting, dugaan kongkow terkait SP3 (Surat Perintah Penghentian Penyidikan) tidak ada," kata Iriawan di Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (10/9/16).

Pertemuan antara sejumlah petinggi Polda Riau dan Dirut PT APSL terungkap lewat foto yang beredar di media sosial. Dalam foto itu terlihat Kapolresta Pekanbaru Kombes Toni Hermawan, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Rifai Sinambela, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau Kombes Surawan, dan sejumlah polisi di jajaran Polda Riau.

Tampak juga dalam foto, minuman beralkohol berjejer di atas meja bos APSL dan para pejabat Polda Riau itu. Foto itu lantas dikaitkan dengan keluarnya SP3 oleh Polda Riau atas 15 korporasi yang diduga terlibat kasus pembakaran hutan dan lahan pada 2015.

Iriawan menyebutkan, pertemuan Dirut APSL dan petinggi Polda Riau tak terkait penerbitan SP3. Oleh sebab itu, kata dia, Propam Mabes Polri akan menghentikan pemeriksaan terhadap para perwira Polda Riau.

"Ya, kalau tidak ada kaitannya, buat apalagi (diperiksa) ya diperiksa," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Menurutnya, foto-foto tersebut tidak ada sangkutpautnya dengan SP3 kasus kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Foto-foto itu tidak ada hubungannya dengan SP3 kebakaran hutan dan lahan, karena yang ada di foto itu tidak ada yang kena SP3," kata dia.

Tito mengatakan, dalam pertemuan tersebut memang ada permintaan untuk berfoto bersama. Hal itu, lanjutnya, lantas dimanfaatkan oleh pihak yang berusaha mengaitkan foto itu dengan isu SP3 kebakaran hutan dan lahan.

"Jadi, kalau ada yang menghubungkan, jawabannya: tidak ada hubungannya sama sekali. Seandainya (polisi) tidak mau diajak foto, nanti dikira polisi sombong," jelasnya. (riauterkini.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index