Vaksinasi Hewan Jadi Perhatian Serius Pemprov Riau

Vaksinasi Hewan Jadi Perhatian Serius Pemprov Riau
ilustrasi Vaksinasi Hewan

RIAU (RA) - Pemerintah Provinsi Riau memberikan perhatian serius untuk proses vaksinasi hewan. Hal ini menjadi perhatian untuk mengantisipasi perkembangan penyakit pada hewan.    

Dalam implementasinya, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Provinsi Riau meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Serta melakukan vaksinasi terhadap hewan kesayangannya.   

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Provinsi Riau Patrianov mengatakan, langkah pengawasan perlu dimaksimalkan. Saat ini kurang lebih ada sekitar 36 ribu ekor hewan liar khususnya kucing dan anjing di kota Pekanbaru saja.    "Kita akan terus lakukan pengawasan. Karena dikhawatirkan hewan-hewan tersebut terjangkit rabies," tuturnya, Jum'at (9/9).    

Menurutnya, vaksinasi hewan bisa dilakukan ke petugas kesehatan ataupun kantor resmi milik Dispertanak. Karena memang hewan yang terkena rabies dapat menularkan kepada manusia yang memang memiliki kedekatan dengan kucing maupun anjing itu.   

"Untuk pembunuhannya, kalau dulu tinggal tembak, kasih racun selesai. Sekarang tidak bisa karena aturan-aturan global dari penyayang binatang mesti mencari cara untuk menangkapnya," urainya lagi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index