Tidak Ada Virus Jembrana Serang Sapi Kuansing

Tidak Ada Virus Jembrana Serang Sapi Kuansing
ilustrasi

TELUK KUANTAN (RA) - Dinas Peternakan (Disnak) Kuantan Singingi (Kuansing) membantah terjadinya serangan virus Jembrana terhadap sapi-sapi yang ada di Kuansing, termasuk di Kenegerian Kopah sebagaimana diberitakan media massa sebelumnya.

Hal tersebut dikatakan Kadis Peternakan Kuansing, Marhumala Pontas, belum lama ini.

"Tidak ada kasus virus Jembrana di Kuansing, kita sudah turunkan tim ke lapangan untuk menindaklanjutinya," ujar Marhumala Pontas.

Begitu juga dengan jumlah spai yang mati tersebut menurutnya tidak mencapai ratusan ekor. "Hanya puluhan, darimana datangnya ratusan ekor tersebut," ujarnya.

Menurut Marhumala, penyakit yang menyerang sejumlah sapi di Kopah dan Kecamatan Benai merupakan virus yang menyerang darah sapi tersebut yang membuat kehilangan darah.

Saat ini ujarnya Disnak Kuansing sedang mengupayakan agar virus yang menyerang darah sapi tersebut tidak berkembang dan meluas hingga merugikan peternak yang adai di masyarakat.

Dilanjutkan Marhumala, pihaknya saat ini juga memantau perkembangan penyakit sapi dan kerbau. "Kita senantiasa pantau melalui PPL Disnak yang ada di lapangan," pungkasnya. (AM)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index