Rohil Bakal Optimalisasi Industri Hilir

Rohil Bakal Optimalisasi Industri Hilir
ilustrasi

BAGANSIAPIAPI (RA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Rohil berupaya membuka lapangan pekerjaan alternatif dengan menghidupkan insdustri hilir tahun 2017.

"Industri hilirnya bakal diprogramkan sebagaimana visi dan misi bupati dan wakil bupati terpilih," kata Sekdakab Rohil H Surya Arfan, saat dikonfirmasi, Minggu (22/5), di Bagansiapiapi.

Menurutnya, saat ini kebanyakan daerah mengandalkan sektor perkebunan kelapa sawit berupa hasil CPO, sementara untuk industri hilir bahan baku sawit sudah mecukupi diolah menjadi sabun dan kosmetik.

Oleh karena itu, pembangunan pabrik industri Hilir akan menambah serapan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dengan menyesuaikan potensi sekitar. Sekda menambahkan, dalam membangunan program ini pemerintah perlu mengandeng investor swasta.

Disisi lain, potensi perikanan dan kelautan masih menjanjikan, secara bertahap programnya terus digesa demi kemakmuran masyarakat nelayan. Pemkab juga akan memanfaatkan sumur tua eks Chevron yang jumlahnya diatas 50 buah.

"Semua potensi yang akan akan dikelola dan dimanfaatkan secara baik oleh pemerintah daerah," ungkapnya.

Surya menambahkan, pada sektor pertanian lahan yang tersisa hanya sekitar 12 ribu hektar. Mengantisipasi alih fungsi lahan, pemerintah daerah bersama DPRD sedang membahas aturannya.

"Kalau ini berhasil sudah tentu menambah PAD, angka pengangguran otomatis berkurang dan angka kemiskinan berangsur menurun," imbuh sekda. (HMS)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index