Guru Mata Pelajaran UN di SLB Diberi Pembekalan Pembuatan Soal

Guru Mata Pelajaran UN di SLB Diberi Pembekalan Pembuatan Soal
Sri Petri Hariyanti saat memasang tanda peserta secara simbolis.

RIAUAKTUAL.COM - Sebanyak 67 orang tenaga Pendidik dan Kependidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) se Provinsi Riau diberi pembekalan pembuatan soal Ujian Nasionaol (UN), kegiatan ini dimaksudkan untuk bisa menghasilkan soal-soal UN yang berkualitas.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK PLK) Sri Petri Hariyati, Saat ini tingkat kompetensi SLB yang berjumlah 39 sekolah di Provinsi Riau dalam menghadapi UN masih bisa dikatakan rendah.  

"Banyak faktor yang membuat tingkat pencapaian hasil UN menjadi rendah, antara lain tingkat kesulitan soal ataupun dari faktor internal peserta itu sendiri," kata Petri saat membuka kegiatan Diklat mata pelajaran Ujian Nasional, bagi pendidik dan tenaga kependidikan SLB se Riau, Kamis 12 Mei 2016, di Pekanbaru.

Petri menyampaikan bahwa pelatihan ini diberikan kepada guru–guru agar mampu menghasilkan soal yang siap diuji cobakan, selain itu untuk mengukur sejauh mana daya serap peserta didik dalam menghadapi UN.

Di menjelaskan, bahwa daya kompetensi peserta didik khususnya dari SLB se Riau masih rendah, banyak ketertinggalan yang disebabkan pola pikir yang salah mengenai kemampuan peserta didik SLB.

“Setiap anak di seluruh Indonesia memiliki hak untuk mengenyam pendidikan, walaupun mereka memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan, mereka pasti memiliki kemampuan menonjol dan keterampilan juga,” Ujar Petri.

Melihat hasil UN peserta didik SLB yang masih rendah, petri mengaku melalui bidang PKPLK Dinas sudah rutin melakukan pelatihan kepada para pengajar mengenai pembahasan materi soal maupun mata pelajaran UN.

“Dari 8 standar Nasional Pendidikan, kami sudah berkomitmen untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan menjalankan pembiayaan yang baik, menyediakan sarana dan prasarana pendukung, serta peningkatan mutu PTK. Tinggal kepada ibu bapak mengimplementasikan dengan mantap kelima standar Nasional Pendidikan dilapangan,” pungkasnya.

 

Laporan : NIK

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index