2.400 Personil Polri Amankan UN Tingkat SMP

2.400 Personil Polri Amankan UN Tingkat SMP
AKBP Guntur Aryo Tejo

RIAUAKTUAL.COM - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTS/SMPT/SMP LB di Provinsi Riau mendapat pengawalan dari kepolisian.

Menurut Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, guna menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Ujian Nasional selama 4 hari, setidaknya pihak kepolisian telah mengerahkan sebanyak 2.400 personil.

"Setiap sekolah akan ditempatkan 2 hingga 6 orang Personil kepolisian baik menggunakan pakaian dinas maupun pakaian preman. Dari laporan yang kita terima dari masing-masing polres se Riau hari ini, pelaksanaan UN hari pertama berjalan lancar, aman tanpa ada gangguan," ujar Guntur, Senin (9/5/2016).

Sebagaimana diketahui sebanyak 104.950 pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Riau mengikuti Ujian Nasional (UN). Berdasarkan data dari tim UN Provinsi Riau, 104.950 peserta tersebut terdapat dari 1.760 sekolah baik negeri maupun swasta, dan akan terbagi dalam 6.105 ruangan ujian.

Menurut Ketua UN Provinsi Riau 2016, Drs H Abdul Kadir, dari jumlah tersebut terdapat 3.428 peserta dari Program Kesetaraan Pekt B, dan 31 peserta dari SMPLB.

"Untuk SMP akan diikuti 78.482 peserta, MTs 25.779 peserta dan 199 peserta dari SMPT, baik yang dari sekolah Negeri maupun Swasta," jelas Kadir,, Senin (9/5/2016) pagi.

Kadir menjelaskan, pelaksanaan UN SMP sederajat tahun 2016 ini tidak hanya menggunakan Paper Based Test (PBT), tetapi ada juga yang menggunakan komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Lima sekolah yang akan melaksanakan UNBK tersebut, dan berada di Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

"Dua di Pekanbaru, yakni SMPN 1 Pekanbaru dan SMP Cendana Rumbai, sementara Tiga di Dumai adalah SMPN 2 Dumai, SMP Negeri Binaan Khusus (Binsus) Dumai, dan SMP Santo Tarcisius Dumai," jelas Kadir.

Dia berharap peserta agar bisa mengikuti UN ini dengan sebaik-baiknya, dan yang terpenting percaya akan kemampuan diri sendiri. "Jangan mudah terpengaruh oleh akan adanya isu kunci jawaban dan sebagainya," tegas Kadir.

UN SMP sederajat ini akan dilaksanakan hingga 12 Mei mendatang. Dengan mata pelajaran yang diujikan sebanyak Empat mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris,  dan Ilmu Pengetahuan Alam. (Dr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index