Surat Terbuka Ade Muhammad ke Jokowi: Darurat Militer Sekarang Juga!

Ahad, 29 Maret 2020 - 08:52:30 WIB

Ade Muhammad

Riauaktual.com - Analis pertahanan dan keamanan, Ade Muhammad, membuat surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Lulusan S3 Teknologi Bandung (ITB) itu meminta Jokowi untuk menyelamatkan rakyat dari wabah virus Corona atau Covid-19.

Menurut Ade, Indonesia sedang bertahan dari wabah virus Corona yang telah menjadi pandemik global.

“Keamanan Indonesia terancam. Kegiatan sipil terhenti karena kita harus mengisolasi diri. Namun ini sangat tidak efektif. Masih banyak yang belum sadar, bahkan membangkang,” katanya sebagaimana dikutip Pojoksatu.id yang melansir dari channel Youtube, Dr Ade Muhammad, Minggu (29/3/2020).

Dalam situasi yang tidak normal seperti ini, kata dia, peran militer diperlukan untuk mengatasi kondisi ubnormal.

Tenaga ahli Fraksi Partai Nasdem ini mengatakan, fungsi militer bukan hanya menjaga oerdamaian, tapi juga mengatasi kondisi-kondisi darurat, seperti perang maupun benacana alam.

Dikatakan Ade, hanya ada dua pilihan yang bisa dilakukan oleh Presiden Jokowi saat ini. Pertama, keselamatan rakyat. Kedua, keselamatan ekonomi.

“Memang keduanya saling berkaitan. Namun dalam situasi mara bahaya seperti sekarang, kepala negara harus memilih prioritasnya, yaitu menyelamatkan nyawa rakyat lebih banyak,” kata Ade.

Dikatakan Ade, TNI dalam situasi seperti ini memiliki lima sistem yang siap digelar, yakni sistem telekomunikasi, transportasi, logistik, medic, dan sistem senjata jika diperlukan.

“Mobilisasi juga lebih mudah, karena tidak memerlukan birokrasi yang bertele-tele karena bersifat topdowon dan segera,” katanya.

Ade menjelaskan, kondisi sekarang jika dibiarkan akan menimbulkan banyak sekali korban jiwa. Ini harus dihentikan sekarang juga.

“Saya meminta panglima tertinggi NKRI, yaitu Presiden Joko Widodo untuk mendeklarasikan darurat militer dan memerintah Panglima TNI untuk memobilisasi seluruh kekuatan untuk melakukan mitigasi negara,” tegas Ade.

“Jika Anda ingin dikenang sebagai presiden yang dikenang sepanjang masa sebagai penyelamat negara, inilah saatnya,” pungkas Ade.