Arkeolog Yakini Temukan Kuil Dewa Laut Poseidon, Ini Lokasinya

Senin, 16 Januari 2023 | 07:58:32 WIB
Ilustrasi Poseidon. ©Pixabay/intographics

Riauaktual.com - Arkeolog menemukan sisa-sisa dari apa yang mereka yakini kuil Dewa Laut Poseidon di dekat Samikon, Yunani. Demikian dilaporkan Phys Rabu lalu yang dilansir laman the Jerusalem Post, Kamis (12/1).

Sisa-sisa kuil itu saat ini sedang diteliti oleh para ahli dari Institut Arkeologi Austria bersama dengan peneliti dari Universitas Johannes Gutenburg Mainz, Univeristas Kiel.

Mengapa peneliti meyakini itu kuil Poseidon?

Daerah yang berada di dekat pesisir Peloponnese itu dikenal sering diterjang gelombang tsunami pada masa prasejarah hingga kini. Karena orang tampaknya ingin menghindari daerah itu maka itu bisa menjadi bukti selanjutnya bahwa sisa-sisa temuan itu adalah berasal dari Poseidon karena dia diyakini sebagai dewa gempa dan tsunami.

Sisa-sisa kuil itu ditemukan pada 2021 tapi baru beberapa bulan lalu arkeolog menyadari mereka bahwa temuan mereka adalah bagian dari Poseidon.

Penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan terhadap bangunan dan benda arkeologi itu dan analisis secara geoarkeologi serta geofisik dibutuhkan dalam waktu beberapa tahun ke depan untuk membuat kita memiliki pemahaman lebih baik terhadap sisa bangunan itu dan bagaimana sejarahnya.

Dalam mitologi Yunani, Poseidon adalah dewa laut, gempa bumi dan kuda. Dia adalah kakak dari Zeus, dewa langit dan Hades, dewa dunia bawah tanah. Ketiganya dianggap tiga dewa terhebat dari 12 dewa Yunani.

Dewa Poseidon seringkali digambarkan memegang trisula yang diyakini adalah sumber kekuatannya.

 

 

Sumber: Merdeka.com

Terkini

Terpopuler