Prakiraan Starting XI Indonesia vs Thailand Piala AFF 2022

Kamis, 29 Desember 2022 | 08:13:46 WIB
Prakiraan Starting XI Indonesia vs Thailand pada matchday 4 Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12) sore WIB.

Riauaktual.com - Prakiraan starting XI Indonesia vs Thailand pada matchday 4 Grup A Piala AFF 2022, Kamis (29/12) sore.

Pertandingan Indonesia vs Thailand akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno besok sore, mulai pukul 16.30 WIB.
Laga akbar ini akan menentukan tim pertama dari Grup A yang lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Untuk itu, Shin Tae Yong (pelatih Indonesia) dan Alexandre Polking (pelatih Thailand) pasti akan menurunkan skuat terbaik yang tersedia.

Dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Thailand di GBK, Rabu (28/12), kedua pelatih mengklaim semua pasukannya siap tempur dalam laga krusial ini.

Dari kubu Indonesia, sejumlah pemain kunci yang tidak dimainkan pada laga kontra Brunei Darussalam, Senin (23/12) lalu kini dalam kondisi sangat fit untuk menghadapi Thailand.

Seperti Ricky Kambuaya, Pratama Arhan serta duet bek tengah Jordi Amat dan Fachrudin Aryanto.

STY mungkin perlu mempertimbangkan pemain terbaik laga Brunei vs Indonesia, Yakob Sayuri untuk masuk line-up.

Winger PSM Makassar ini hanya tampil sekitar 30 menit pada laga itu tapi mampu memberikan dua assist dan menyumbang satu gol.

Yakob Sayuri bisa bermain di kedua sisi sayap sama baiknya. Tapi mengingat pos sayap kanan mungkin akan ditempati Witan Sulaeman, Yassa bisa dipasang di kiri.

STY bisa menarik perhatian kapten Thailand Theerathon Bunmathan agar tidak terlalu leluasa bergerak ke depan, jika Yakob Sayuri beroperasi di sisi kanan penyerangan Indonesia.

Sementara Egy Maulana Vikri yang selalu mencetak gol dalam dua laga awal Grup A Piala AFF 2022 tetap bisa bermain di belakang striker utama dalam formasi 4-2-3-1.

Lalu siapa yang akan dipasang sebagai bomber Timnas Garuda?

Dari sejumlah nama yang tersedia, sesungguhnya tidak ada striker Indonesia yang menonjol. Meskipun hampir semuanya sudah mencetak gol, kecuali Muhammad Rafli.

Ramadhan Sananta menawarkan agresivitas laiknya pemain muda, Dendy Sulityawan penyerang oportunis tapi finishingnya kurang tenang.

Pergerakan Ilija Spasojevic juga sudah mulai menurun. Namun penyerang Bali United ini mungkin bisa dimainkan sejak awal pada laga krusial ini karena faktor pengalaman.

Selain itu Spaso juga dibutuhkan dalam strategi STY yang mengandalkan umpan silang dari saya-sayap lincah Timnas Garuda.

Ada kemungkinan juga STY menerapkan formasi 3-4-3 dengan bek sayap Pratama dan Asnawi Mangkualam bermain agak ke depan menemani Ricky Kambuaya dan Marc Klok pada barisan lini tengah.

Jordi Amat dan Fachrudin Aryanto hampir dimainkan sejak awal.

Jika pakai tiga bek tengah, Rizky Ridho patut dikedepankan, meski Hansamu Yama merupakan satu dari dua pemain Indonesia saat ini yang bermain saat terakhir kali mengalahkan Gajah Perang 2016 lalu.

Sementara itu Mano Polking tampaknya akan tetap mengandalkan duet Teerasil Dangda dan Adisak Kraisorn di lini depan Thailand.

Nama pertama patut diwaspadai lini belakang Indonesia. Penyerang 34 tahun itu memuncaki daftar top skor sementara Piala AFF 2022 dengan 3 gol.

Sarach Yooyen adalah gelandang penting yang mampu menerjemahkan dengan baik strategi Polking di lapangan. Pemain ini juga patut diwaspadai.

Sementara winger Bordin Phala tidak boleh dibiarkan terlalu sering melakukan penetrasi dari sisi kiri.

Asnawi Mangkualam harus lebih disiplin mengawal pergerakan pemain Port MTI FC itu.

Prakiraan Starting XI Indonesia vs Thailand

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Fachrudin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Yakob Sayuri; Ilija Spasojevic.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Thailand (4-4-2): Kittipong Phoothawchuek; Suphanan Bureerat, Pansa Hemviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon; Ekanit Panya, Theerathon Bunmathan, Sarach Yooyen, Bordin Phala; Teerasil Dangda, Adisak Kraisorn.

Pelatih: Alexandre Polking (Brasil).

Itulah ulasan prakiraan Starting XI Indonesia vs Thailand pada matchday 4 Grup A Piala AFF 2022, Kamis sore WIB.
 

 

 

Sumber: Pojoksatu.id

Terkini

Terpopuler