Terapkan Sistem Online, PPDB SMP Negeri di Pekanbaru Resmi Bergulir

Rabu, 29 Juni 2022 | 11:03:23 WIB
Sekretaris Dinas Pendidikan Pekanbaru, Muzailis. (Istimewa)

Riauaktual.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri di Pekanbaru resmi bergulir, Rabu (29/6/2022). 

PPDB tahun ini menerapkan sistem online. Orangtua siswa bisa mendaftarkan anaknya mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB setiap harinya. Orangtua siswa bisa meng-upload persyaratannya melalui link ppdbpekanbaru.id

"Mulai hari ini sudah dibuka. Wali murid bisa langsung melakukan pendaftaran melalui link ppdbpekanbaru.id setiap harinya di masa pendaftaran yaitu 29 Juni hingga 5 Juli 2022. Mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Pekanbaru, Muzailis, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, untuk link pendaftaran tersebut juga sudah disampaikan kepada masyarakat melalui sekolah-sekolah. Mereka sudah menggelar sosialisasi sejak beberapa waktu lalu. 

Ia mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya kendala seperti trouble website, pihaknya bersama dengan pihak ketiga sudah menyiapkan server cadangan.

"Karena yang menangani kan pihak ketiga, kita hanya memantau dan mengawasi. Jadi memang sudah ada sntisipasi, kalau ada trouble mereka sudah siap melakukan antisipasi berupa server cadangan," terangnya. 

Disampaikan Muzailis, untuk tahun ini PPDB SMP Online dibuka melalui 4 jalur yaitu Zonasi, Afirmasi, Perpindahan orang tua dan juga prestasi. 

"Kalau yang terbanyak zonasi. Untuk SMP itu 65 persen. Sisanya itu untuk jalur afirmasi, perpindahan orang tua dan juga prestasi," jelasnya. 

Untuk persyaratan masih sama dengan sebelumnya juga. Seperti ijazah, identitas anak, formulir dan lain sebagainya. Untuk syaratnya masih sama dengan sebelumnya.

"Nanti kalau sudah lulus kan adalagi penambahan-penambahan persyaratan. Yang penting sekarang kan ijazah anak dulu saja kan," tutup Muzailis.

Terkini

Terpopuler