Pj Walikota Intensifkan Penanganan Banjir di Pekanbaru

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:23:47 WIB
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah gencar menyelesaikan persoalan banjir. Saat ini dinas terkait tengah melakukan upaya normalisasi drainase dan anak sungai. 

Setidaknya ada 371 titik masalah banjir yang terdata pada Masterplan penanganan banjir di Kota Pekanbaru. Titik ini menyebar di 15 kecamatan di Pekanbaru.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun berjanji penanganan yang dilakukan terhadap sumber-sumber penyebab banjir akan menunjukkan peningkatan dan terus membaik. 

Muflihun menegaskan, dari awal memang disebutkannya bahwa banjir yang terjadi di Pekanbaru tidak bisa langsung habis semua dengan penanganan yang baru intensif beberapa waktu terakhir saja.

"Saya dari awal bilang, tidak mungkin langsung semua akan hilang dan bebas banjir. Yang jelas kita upayakan dan usaha. Hari ke hari kita pelajari. Yang jelas kita progresif dan terus lakukan perbaikan," ujar Muflihun, Selasa (21/6/2022). 

Menurutnya, sejak ia dipercaya menjadi Pj Walikota Pekanbaru telah meminta OPD terkait untuk segera menuntaskan masalah banjir. Dirinya juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk andil dalam masalah ini. 

Salah satu penyebab banjir dikatakan Muflihun, akibat tidak lancarnya aliran drainase. Banyak didapati drainase lingkungan dipenuhi sampah sehingga menyebabkan banjir. 

Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru melalui pasukan kuning telah melakukan normalisasi. Muflihun mengaku melakukan pengecekan pada lokasi-lokasi yang rutin terjadi banjir maupun genangan air di Pekanbaru saat hujan turun.

Dampak dari penanganan yang dilakukan Pemko Pekanbaru sudah mulai terlihat. Sejumlah wilayah rawan banjir juga sudah mulai berkurang. 

"Saya juga mutar, sudah banyak yang berkurang," pungkasnya. 

Terkini

Terpopuler