Ini yang Disampaikan Gubernur Riau Saat Hadiri Munas PPI VIII Tahun 2021

mr
Sabtu, 04 Desember 2021 | 06:59:15 WIB
Sambutan Gubernur Riau di dalam Acara Pembukaan Musyawarah Nasional VIII Purna Paskibraka Indonesia (PPI) di Balai Serindit Gedung Daerah, Jumat (3/12/2021).

Riauaktual.com - Gubernur Riau,  Syamsuar menghadiri Acara Pembukaan Musyawarah Nasional VIII Purna Paskibraka Indonesia (PPI) di Balai Serindit Gedung Daerah, Jumat (3/12/2021). 

Munas ini dilaksanakan dalam dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32. Serta agenda penting yaitu PPI akan menentukan Ketua Umum PPI periode 2021-2026.

Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan atas nama Pemprov Riau dan masyarakat Riau mengucapkan selamat datang di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau. 

"Musyawarah Nasional ini merupakan hasil keputusan Munas ke VII tahun 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat," ungkap Gubri.

Lebih lanjut, Gubri Syamsuar mengajak untuk menjadikan Musyawarah Nasional ini sebagai ajang pertemuan dan silaturrahmi antara Pemerintah dengan Pengurus Pusat PPI, pengurus Provinsi PPI se-Indonesia dan Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO).

"Purna Paskibraka Indonesia merupakan organisasi yang berupaya untuk terus membina diri agar tentunya dapat mengembangkan sifat idealisme dan juga dapat memelihara disiplin yang telah terlatih, memelihara integritas serta mempunyai wawasan kebangsaan yang diharapkan dapat mengembangkan kemandirian, kepemilikan, ilmu, keterampilan saat kerja keras dan kepeloporan," ungkapnya. 

Menurut Gubri hal ini tertuang dalam UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, disebutkan bahwa pemuda bertanggungjawab dalam pembangunan nasional untuk menjaga Pancasila sebagai ideologi negara, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Dalam amanat Undang-undang tersebut, Pemerintah berkolaborasi dengan Purna Paskibraka Indonesia dalam melaksanakan peran dan tanggungjawab pemuda dalam membina para pemuda dan pelajar melalui kegiatan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)," ungkap Gubri. 

Menurutnya, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka adalah idaman dari semua pelajar Indonesia terutama ditingkat SLTA. Mendapatkan kesempatan menjadi anggota Paskibraka merupakan suatu kebanggaan, kehormatan, dan penghargaan luar biasa baik bagi diri sendiri maupun bagu keluarga. 

"Setelah melaksanakan tugas Pengibaran Bendera Pusaka, maka anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka secara otomatis akan tergabung dalam suatu organisasi Paskibra yakni Purna Paskibraka Indonesia (PPI) baik ditingkat Kabupaten/Kota,Provinsi, maupun ditingkat Pusat," ungkapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Riau, Pengurus Pusat PPI, Pengurus Provinsi PPI Riau, MPO serta Peserta Munas se-Indonesia baik secara langsung maupun secara virtual.

Terkini

Terpopuler