Memasak Pakai Kompor Induksi Ternyata Lebih Aman dan Murah

 

GALERI : 26 APRIL 2019

Riauaktual.com -  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Riau (UIW) dan Kepulauan Riau (WRKR) terus berupaya membantu pemerintah dalam mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap gas elpiji, salah satunya dengan giat mengenalkan kompor induksi.

Dalam rangka itu, PLN pun melakukan sosialisasi penggunaan kompor induksi atau kompor listrik ini melalui kegiatan lomba memasak bersama Dharma Wanita, pada Jumat (26/4) di Gedung Dharma Wanita Pekanbaru.

General Manager PT PLN UIW dan WRKR, M Irwansyah Putra mengatakan, bahwa kompor induksi ini memiliki banyak keuntungan, yaitu lebih murah, aman dan ramah lingkungan.

"Yang pertama kompor induksi ini lebih aman, terutama untuk anak-anak karena permukaannya tidak panas," kata Irwansyah.

Yang kedua adalah ramah lingkungan. Kompor induksi tidak membuang emisi seperti karbondioksida. Selanjutnya yang ketiga adalah elegan dan mudah dibersihkan. Tampilan kompor yang ramping dan berbentuk datar dengan lapisan kaca akan mempermudah pengguna untuk membersihkannya.

"Selanjutnya adalah suhu mudah diatur dan konsisten. Kompor induksi menginduksi peralatan masak yang digunakan, bukan kompornya. Sehingga pemanasannya lebih cepat. Selain itu suhu dapat diatur sesuai kebutuhan dan stabil dalam waktu yang lama. Dan yang terakhir adalah praktis. Kompor induksi sifatnya portable mudah dibawa ke mana-mana dan mudah digunakan cukup dicolokkan ke stop kontak," jelasnya.

Di tempat yang sama, Manager SDM dan Umum PLN PLN Unit Induk Wilayah Riau-Riau (UI-WRKR) Vick Nawan mengatakan, bahwa menggunakan kompor induksi bisa menghemat penggunaan gas.

"Secara hitung-hitungannya, menggunakan kompor induksi jauh lebih irit. Contohnya untuk memasak 10 liter air apabila menggunakan gas biayanya Rp2.471. Sedangkan, apabila menggunakan kompor induksi hanya Rp1.426 untuk 10 liter air," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan sangat kagum melihat kompor yang sangat cepat memanaskan penggorengan tersebut. Padahal permukaannya tetap dingin.

"Ini adalah merupakan bagian untuk mempromosikan karya anak bangsa. Kami ucapkan selamat pada PLN yang berhasil menunjukan karya nyatanya bagi bangsa, semoga ini jadi amal jariah untuk PLN," tuturnya. 
 

Gubri, Wagubri dan Dir PLN beserta Isteri saksikan demo Kompor Induksi saat hadiri Pembukaan Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita 

Gubri, Wagubri, Direktur PLN beserta isteri hadiri Pembukaan Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita.

Gubri, Wagubri dan Dir PLN foto bersama usai menyerahkan Kompor Induksi saat hadiri Pembukaan Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita
 

Gubri H Syamsuar memberikan sambutan saat hadiri Pembukaan Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita 

Ibu Gubri Ketua TP PKK Prov Riau menerima Buku Resep Juadah saat hadiri Pembukaan Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita

Ibu Gubri saat menerima hadiah juara I Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita 
 

 Ibu Gubri Ketua TP PKK Prov Riau memberikan sambutan saat hadiri Pembukaan Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita 
 

Ibu Gubri saat menerima hadiah juara I Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita
 

Ibu Gubri saat mengikuti Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita

Gubri Wagubri dan Forkopinda tinjau barang bukti saat hadiri acara Pemberian Penghargaan kepada Anggota BNN yang Berprestasi dalam Mengungkap Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Provinsi Riau.
 

Ibu Wagubri saat mengikuti Lomba Memasak Kompor Induksi, di Halaman Gedung Wanita

Gubri didampingi Wagubri dan Forkopinda serahkan Penghargaan kepada Kepala BNNP dan Anggota BNN yg Berprestasi dalam Mengungkap Peredaran Gelap Narkotika di Wilayah Provinsi Riau.
 

Gubri H Syamsuar menandatangani Prasasti Peresmian Masjid Bundar Al Murtaja Panam

Cetak