Current Date: Sabtu, 21 September 2024

BPS Kuantan Singingi Gelar Workshop Bersama Insan Pers untuk Peningkatan Literasi Statistik

BPS Kuantan Singingi Gelar Workshop Bersama Insan Pers untuk Peningkatan Literasi Statistik
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar workshop untuk perwakilan wartawan dari media cetak, televisi, dan online yang bertugas di Kabupaten Kuansing pada Jumat (20/9/2024) pagi di Ruang Rapat Kantor BPS Taluk Kuantan.

Riauaktual.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar workshop untuk perwakilan wartawan dari media cetak, televisi, dan online yang bertugas di Kabupaten Kuansing pada Jumat (20/9/2024) pagi di Ruang Rapat Kantor BPS Taluk Kuantan.

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Statistik Nasional 2024 yang jatuh pada 26 September. Selain sebagai ajang silaturahmi antara pimpinan BPS Kabupaten Kuantan Singingi dan insan pers, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat sinergi melalui diskusi terbuka. Tema yang diangkat dalam workshop tersebut adalah "Serba-serbi Indikator Strategis BPS Kuansing".

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun literasi statistik bagi insan pers, menyamakan persepsi mengenai data statistik, meningkatkan sinergi dalam penyebaran informasi statistik, serta menumbuhkan kecintaan terhadap data statistik.

Kepala BPS Kuansing, Rozalinda, menyampaikan bahwa workshop ini dirancang khusus untuk wartawan di Kuansing agar mereka dapat memahami dan menyajikan data statistik dengan benar dalam penulisan berita yang dikonsumsi oleh masyarakat. Data statistik, menurut Rozalinda, menjadi acuan penting bagi pemerintah dalam menyusun rencana pembangunan daerah.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas BPS sebagai pembina statistik sektoral, sesuai dengan Undang-Undang No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Presiden No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia," ujar Rozalinda.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuansing, Desriandi Candra, mengapresiasi penyelenggaraan workshop ini. Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan para wartawan mengenai data statistik, tetapi juga meningkatkan kualitas penulisan berita yang didukung oleh data yang akurat.

"Kerjasama antara BPS dan pemerintah daerah sangat penting untuk menghasilkan data yang akurat dalam mendukung pembangunan daerah. Saya berterima kasih kepada BPS atas penyelenggaraan workshop ini," kata Desriandi.

Selama workshop, pemateri dari BPS menjelaskan sejumlah data terkait Kabupaten Kuantan Singingi yang menunjukkan tren positif. Data tersebut mencakup peningkatan signifikan di sektor pertanian, perkebunan, pertumbuhan ekonomi, ketenagakerjaan, luas panen, produksi padi, serta keberhasilan menekan angka kemiskinan di Kuansing.

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index