Current Date: Kamis, 19 September 2024

Pemdes Pulau Sipan Gelar Musrenbangdes untuk Prioritas Pembangunan Tahun 2025

Pemdes Pulau Sipan Gelar Musrenbangdes untuk Prioritas Pembangunan Tahun 2025
Pemerintah Desa Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2025.

Riauaktual.com - Pemerintah Desa Pulau Sipan, Kecamatan Inuman, mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2025. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat, 13 September 2024, bertempat di ruang kelas Taman Kanak-Kanak (TK) di desa setempat.

Acara ini dihadiri oleh Kasi PMD, Rista Hukmah Depi, S.E., Kepala Desa Pulau Sipan, Aprisal, beserta perangkat desa, Ketua BPD beserta anggota, perwakilan masyarakat, serta undangan lainnya.

Kepala Desa Pulau Sipan, Aprisal, menyampaikan bahwa hasil Musrenbangdes kali ini telah mencapai kesepakatan mengenai prioritas pembangunan yang akan dilakukan pada tahun 2025.

Beberapa usulan yang disepakati sebagai prioritas di antaranya adalah pembangunan jalan semenisasi, pengadaan perlengkapan olahraga, serta kebutuhan di bidang keagamaan.

“Banyak usulan yang diajukan oleh masyarakat, namun tidak semuanya bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran desa,” jelas Aprisal melalui sambungan telepon kepada Riauaktual.com.

Aprisal mengakui bahwa masyarakat sangat proaktif dalam memberikan usulan. Namun, sebagian besar anggaran desa, sekitar 60 persen, harus dialokasikan untuk kegiatan yang sifatnya wajib atau IRMak (Kegiatan Irama Wajib) sesuai petunjuk teknis penggunaan dana desa.

"Contoh kegiatan wajib tersebut antara lain Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, program ketahanan pangan, penanganan stunting, dan beberapa item lain yang termasuk dalam kategori wajib," tambahnya.

Sisa 40 persen dari pagu anggaran akan digunakan untuk kegiatan lain. Oleh karena itu, dalam Musrenbangdes kali ini disepakati hanya ada empat usulan prioritas untuk tahun 2025, yaitu pembangunan jalan, pengadaan perlengkapan olahraga, dan kegiatan lainnya yang bisa diakomodir oleh keuangan desa.

#Kuansing

Follow WhatsApp Channel RiauAktual untuk update berita terbaru setiap hari
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index