Survei: Calon dari independen kurang diminati pemilih di Pilgub DKI

Survei: Calon dari independen kurang diminati pemilih di Pilgub DKI
ilustrasi

Nasional (RA) - Tak cuma soal popularitas, EmrusCorner juga melakukan survei soal minta pemilih di Pilgub DKI 2017. Salah satunya tentang kategori calon kepala daerah dari parpol atau lewat independen.

Hasilnya, independen justru tak diminati oleh responden. Sebanyak 80,30 persen menjawab akan memilih calon kepala daerah yang diusung dari partai politik.

"Ini menunjukkan bahwa calon independen kurang diminati bahkan hanya 16,26 persen," kata Direktur EmrusCorner, Emrus Sihombing di Jakarta, Minggu (13/3).

Survei ini dilakukan di 5 wilayah DKI Jakarta. Persebarannya yakni di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur. Responden yang diambil sebanyak 400 responden dengan teknik purposive sampling. Survei ini dilakukan dengan tatap muka langsung yang dikerjakan mulai 8 hingga 10 Maret yang lalu.

Soal tingkat popularitas calon, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi yang terdepan dengan nilai 100 persen. Disusul oleh Ahmad Dhani dengan perolehan 65,05 persen, Yusril Ihza Mahendra 39,16 persendan Politikus PPP Abraham Lunggana atau Haji Lulung dengan 12,81 persen.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama memilih jalur independen di Pilgub DKI. Sementara calon lainnya seperti Ahmad Dhani, Yusril sedang menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik. (merdeka.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index