Komisi III Ingatkan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Waspada Munculnya DBD

Komisi III Ingatkan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Waspada Munculnya DBD
Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Hamdani MS SIP

Riauaktual.com - Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Hamdani MS SIP mengingatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru untuk waspada terhadap munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) saat pancaroba atau perubahan musim dari hujan ke musim kemarau. Terlebih lagi, di sejumlah wilayah mulai ramai terjangkit akibat gigitan nyamuk aedes aegypti.

"Saya melihat berita di beberapa media, DBD sudah mulai menyerang masyarakat. Maka itu saya minta Pemko untuk bertindak dan mewaspadai DBD ini, jangan lengah. Segera lakukan langkah-langkah pencegahan yang efektif perlu segera diambil," kata Hamdani, Senin (1/4/2024).

Hamdani mengatakan, Pemko Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan harus lebih tanggap dalam melakukan berbagai upaya tindakan preventif terhadap penyakit DBD di Kota Pekanbaru.

"Jangan sampai DBD ini menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Pencegahan DBD ini agar lebih serius oleh Dinas Kesehatan seperti melakukan fogging secara merata di setiap kelurahan maupun kecamatan," ujarnya.

Politisi PKS ini juga meminta Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru untuk lebih meningkatkan fasilitas layanan kesehatan guna menekan wabah DBD.

"Fasilitas kesehatan tentu harus memadai, dokter dan tim medis supaya masyarakat yang terjangkit DBD bisa ditangani dengan cepat dan tepat," terang Hamdani.

Hamdani juga mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan, mengubur barang-barang bekas tidak terpakai, dan menjaga pola makan. Hal ini sebagai upaya langkah antisipasi terhindar dari DBD.

"Jaga kebersihan lingkungan, pake lotion anti-nyamuk pastikan terhindar dari gigitan nyamuk. Penuhi kebutuhan imun tubuh dengan mengonsumsi vitamin dan makanan yang bergizi, lalu kenali gejala-gejala DBD. Kalau ada muncul, segera datang dan periksa di faskes," tutupnya.

#Kesehatan #Pekanbaru

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index