Bupati Alfedri Tinjau Langsung Logistik Pemilu di KPU

Bupati Alfedri Tinjau Langsung Logistik Pemilu di KPU
Bupati Siak Alfedri mengecek logistik Pemilu 2024.

Riauaktual.com - Untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Siak berberjalan lancar, Bupati Siak Alfedri meninjau secara langsung Gudang Logistik Pemilu di Gudang Logistik KPU di Gor Siak Sport Hall, Kecamatan Siak.

" Kami bersama Kapolres Siak, Dandim 0322 Siak, dan Bawaslu Siak meninjau secara langsung persiapan logistik. Seperti melihat surat suara yang telah selesai dilaksanakan," ungkap Alfedri, Kamis (18/1/2024).

Alfedri menambahkan, dalam peninjauannya itu ia hanya menemukan surat suara yang dinyatakan rusak sekitar 0.0001 persen saja.

"Kita patut bersyukur, surat suara rusak sangat sedikit. Sehingga tugas dan kesiapan KPU Siak bisa berjalan lancar sampai hari ini," terangnya.

Untuk logistik, kata Alfedri akan di distribusikan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di 131 kampung / kelurahan se-Kabupaten Siak dengan pengamanan TNI, Polri dan pengamanan dari KPU Siak.

"Sehingga keamanan aktivitas dan kegiatan-kegiatan menjelang pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Siak terayomi dan terlindungi dengan baik," kata Alfedri.

Untuk mewujudkan Pemilu aman, lancar dan damai bupati Alfedri mengimbau kepada masyarakat atau peserta yang mengikuti agar dengan damai, kondusif, tanpa adanya perselisihan.

"Saya minta kepada masyarakat Siak ataupun peserta Pemilu, baik itu Pilpres maupun Pileg, ikutilah dengan situasi yang damai, kondusif, tanpa adanya perselisihan, mari kita berdewasa dalam berpolitik," ujarnya.

Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal menjelaskan setelah melaksanakan pelipatan dan juga sortir surat suara oleh 260 orang selama 7 hari, bahwa surat suara untuk Pemilu di Kabupaten Siak telah selesai dilakukan.

"Sebanyak 1.644.900 surat suara telah selesai dilakukan, terdiri dari 5 pemilihan. Diantaranya presiden dan wakil presiden RI, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Riau dan DPRD Kabupaten Siak sebanyak 4 Dapil," ungkap Rizal.

Dari jumlah tersebut, terdapat 981 surat suara yang rusak disebabkan karena sobek/koyak serta adanya bercak tinta pada surat suara.

"Dengan rincian, DPRD Provinsi Riau dapil 6 sebanyak 601 lembar, DPD RI sebanyak 112 lembar, DPR RI dapil Riau 1 sebanyak 101 lembar, presiden dan wakil presiden RI sebanyak 45 lembar, DPRD Siak dapil Siak 1 sebanyak 39 lembar, dapil Siak 2 sebanyak 35 lembar, dapil Siak 3 sebanyak 20 lembar, dan dapil siak 4 sebanyak 28 lembar," terangnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index