Manfaatkan UPR, Rohil Kembangkan Lele Dumbo

Manfaatkan UPR, Rohil Kembangkan Lele Dumbo
ilustrasi

ROHIL (RA)- Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengembangkan pembenihan ikan lele dumbo. Program ini memanfaatkan Unit Pembibitan Rakyat (UPR) di lokasi Banjar XII, Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih Sedinginan.

"Kita manfaatkan lokasi yang ada. Alhamdulilah, per bulan kita bisa hasilkan benih 60-80 ribu ekor lele dumbo," kata Kadiskanlut Rohil, M Amin.

Tingginya permintaan kelompok budidaya ikan, Diskanlut mulai memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan kolam pembibitan. Namun, program ini memiliki kendala terkait persoalan geografis tanah dan air.

"Kelemahanya kalau di areal gambut PH airnya tinggi. Oleh karena itu diatasi dengan dolomit," ungkapnya.

Menurutnya, di lahan seluas 2 hektar telah disiapkan 8 kolam untuk budidaya ikan lele dumbo. Idealnya lokasi pembuatan kolam berada di tanah keras dan berpasir.

"Sekarang ini UPR kita bangun secara swadaya. Kita rencanakan lokasi Simpang Mutiara Banjar XII sebagai lokasi pembibitan, ke depanya," jelas Amin.

Amin menjelaskan, ideal pembibitan ikan dilakukan di kolam ukuran 4x6 meter. Kolam ini bisa dimasukan bibit 1000 ekor ikan. Sehingga ikan dapat cepat berkembang biak.

"Setelah lele dumbo, nanti akan diprogramkan pembibitan ikan selais dan baung, sekaligus pakan ikannya dengan cara kultur alami. Program ini dapat menghemat anggaran Pemerintah Daerah untuk bantuan penyediaan bibit ikan ke masyarakat," pungkasnya. (ktc)
 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index