Gedung Pasar Cik Puan Terbengkalai, Pj Walikota Pekanbaru Berencana Temui Mendag

Gedung Pasar Cik Puan Terbengkalai, Pj Walikota Pekanbaru Berencana Temui Mendag

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal temui Menteri Perdagangan (Mendag) RI untuk membahas kelanjutan pembangunan gedung Pasar Cik Puan. Pasalnya hingga kini bangunan berlantai 3 itu masih terbengkalai.

Aset tersebut sebelumya telah diserahterimakan dari Pemerintah Provinsi Riau ke Pemko Pekanbaru. Ada kendala pembiayaan untuk melanjutkan progres pembangunan tersebut. Pemko Pekanbaru berencana meminta bantuan Kementerian Perdagangan RI untuk melanjutkan pembangunan tersebut.

"Besok saya, rencananya minggu depan mau menghadap Pak Menteri Perdagangan. Kita mau coba membicarakan lebih lanjut terkait dengan pembangunan Pasar Cik Puan," kata Muflihun, Jumat (16/6/2023).

Ia menuturkan, Pemko Pekanbaru akan membicarakan lebih lanjut terkait rencana pembangunan Gedung Pasar Cik Puan.

Gedung Pasar Cik Puan yang berada di Jalan Tuanku Tambusai kini masih terbengkalai. Sementara, Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Cik Puan sudah beberapa kali mengalami kebakaran.

Bahkan, hingga kini pedagang masih enggan menempati kios TPS Pasar Cik Puan yang baru saja dibangun Pemko Pekanbaru usai kebakaran. Hal itu lantaran, sarana dan prasarana di dalam pasar belum lengkap.

Para pedagang eks kebakaran Pasar Cik Puan kini sebagian besar masih betah bertahan di Gedung Pasar Cik Puan yang terbengkalai.

"Rencananya pihak Kementerian PUPR mau melakukan survei terhadap Pasar Cik Puan," ungkapnya.

Karena itu, pihaknya akan kembali menghadap ke Menteri Perdagangan untuk membahas kelanjutan pembangunan gedung pasar tersebut.

Diketahui sebelumnya, untuk melanjutkan pembangunan Pasar Cik Puan, diperkirakan akan membutuhkan biaya yang sangat besar, sekitar Rp100 miliar lebih. Dengan kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan, Pemko Pekanbaru berupaya agar pasar tersebut dibangun menggunakan APBN.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index