Gubernur Syamsuar Terima Silaturahmi Danlanud Roesmin Nurjadin

Gubernur Syamsuar Terima Silaturahmi Danlanud Roesmin Nurjadin
Gubernur Syamsuar Terima Silaturahmi Danlanud Roesmin Nurjadin

Riauaktual.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerima silaurahmi Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad Nurdin di Kediaman, Kamis (25/5/2023).

Salah satu pembahasan pada pertemuan Gubernur Syamsuar dengan Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad adalah terkait kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau yang kini susah memasuki musim kemarau kering.

Gubernur Syamsuar menjelaskan bahwa Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) menjadi salah satu instrument dalam solusi permanen pengendalian kebakaran hutan dan lahan karena upaya tersebut tetap menjadi salah satu terobosan dalam pengendalian karhutla terutama untuk pencegahan.

TMC bukan membuat hujan tetapi TMC adalah rekayasa memanfaatkan awan potensial untuk memperpanjang musim hujan.

"Insyaallah TMC, pesawat dan semuanya untuk pencegahan karhutla sudah tersistem dengan penanggulangan bencana," kata

"Tentunya itu memudahkan tim untuk melakukan pengawasan dan disebarkan TMC sesuai dengan kebutuhan mendesak disuatu daerah," tambahnya.

Karhutla merupakan bencana tahunan sehingga harus dilakukan mitigasi dan upaya pengendalian secara pemanen sebelum itu terjadi, salah satu yang harus dilakukan yaitu dengan TMC karena menjadi salah satu langkah yang efektif dalam pencegahan karhutla jika dilakukan pada waktu dan tempat yang tepat.

Selain membahas karhutla juga dibahas terkait pembangunan Gedung Lanud Roesmin Nurjadin yang sudah selesai namun perlu dirapikan seperti taman dan parkiran.

"Sudah bagus sih, untuk taman dan parkiran tentu baru bisa dikerjakan tahun depan karena proses APBD kita tidak bisa tahun ini karena jika dimasukkan ke perubahan anggaran tidak terkejar atau tidak selesai, itu yang menjadi kendala," imbuhnya.

Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Mohammad juga menyampaikan hal yang sama terkait pembangunan Gedung Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Gedungnya sudah bagus hanya sekitarannya saja yang perlu di rapikan lagi seperti taman dan parkiran," ujarnya.

Gubernur Syamsuar mengajak agar saling berkoordinasi agar kedepannya persoalan-persoalan yang ada diprovinsi Riau bisa diatasi secara bersama terutama kebakaran hutan dan lahan yang menjadi persoalan di musim kemarau saat ini. (ADV)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index