Ketua KI Pusat Beri Apresiasi Provinsi Riau Jadi Tuan Rumah Hakin 2023

Ketua KI Pusat Beri Apresiasi Provinsi Riau Jadi Tuan Rumah Hakin 2023
Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro.

Riauaktual.com - Provinsi Riau secara resmi telah di tetapkan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat Republik Indonesia sebagai tuan rumah peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) Tingkat Nasional Tahun 2023. Kegiatan tingkat nasional ini tentunya telah dipersiapkan secara matang oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. 

Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Donny Yoesgiantoro memberikan apresiasi Riau lantaran peringatan HAKIN 2023 di Riau begitu meriah. 

Hal itu disampaikan Donny saat memberikan kata sambutan pada acara jamuan makan malam di Gedung Balai Serindit, Kota Pekanbaru, Riau, pada Selasa (16/05/2023) kemarin.

“Ini mempunyai arti penting, selama ini hari keterbukaan informasi nasional diperingati setiap tanggal 30 April tapi tidak semeriah ini. Dan baru hari ini saya tadi udah cek, ini adalah [acara] yang paling meriah.Jadi saya kasih aplaus yang sebesar-besarnya untuk provinsi Riau,” ucapnya. 

Dony menjelaskan, puncak peringatan HAKIN tahun ini mengusung tema berkaitan dengan pemilihan umum. Di mana meneguhkan Komisi Informasi berperan menjadi pengawal Pemilu 2024 yang inklusif, terbuka, dan informatif.

“HAKIN tahun ini bahwa temanya itu adalah Meneguhkan Komisi Informasi Sebagai Peran Komisi Informasi Dalam Mengawal Pemilu 2024 yang Inklusif, Terbuka, dan informatif,” jelasnya.

Donny mengungkapkan, bahwa pada peringatan HAKIN 2023 di Riau akan ada  pemberian penghargaan anugerah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah, Wali Kota dan Bupati, serta penyelenggara pemilu di tingkat provinsi.

“Pemberian anugerah diberikan kepada tiga kategori yaitu, pertama kategori untuk Walikota/Bupati, lalu ada kategori SKPD dan ada kategori penyelenggara pemilu tingkat provinsi,” terangnya.

Sebagai informasi, peringatan HAKIN 2023 di pusatkan di Hotel Labersa, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar,bProvinsi Riau. 

Dalam agenda ini Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD serta 28 Ketua KI yang ada di Indonesia dijadwalkan ikut hadir. 


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index