Ketua PWI Riau Buka Pra UKW Angkatan XXI

Ketua PWI Riau Buka Pra UKW Angkatan XXI
Ketua PWI Riau Buka Pra UKW

Riauaktual.com - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Zulmansyah Sekedang membuka Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXI di Pekanbaru, Senin (15/5/2023) siang.

Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 16 sampai 17 Mei 2023 itu diikuti 24 orang peserta dari 28 orang pendaftar.

Dihadapan para peserta Pra UKW, Zulmansyah Sekedang yang didampingi, Ketua Panitia Amril Jambak memberikan materi seberapa pentingnya para wartawan mengikuti UKW.

"Sejatinya yang benar-benar wartawan itu teratur melaksanakan tugas seperti mencari informasi, memperoleh informasi, menyimpan informasi, mengola informasi hingga menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, suara, gambar serta grafik, cetak, elektronik," katanya.

Selain itu, wartawan juga diberikan pengetahuan tentang kesadaran, pengetahuan serta meliputi etika wartawan dan undang-undang wartawan.

"Seperti Polri ada undang-undang kepolisian, jaksa ada undang-undang kejaksaan, pengadilan ada undang-undang pengadilan dan wartawan juga ada undang-undang yang mengatur profesi kewartawanan," sambung Zulmansyah.

Zulmansyah dengan jelas menyampaikan gambaran umum materi pokok yang akan diuji oleh para penguji yang berkompeten di bidang kerja profesi jurnalis. Seluruh peserta diminta untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti UKW tersebut.

Pada waktu bersaman Ketua Panitia UKW, Amril Jambak mengatakan jumlah peserta yang mengikuti UKW XXI terdata 28 orang.

"Dari data ada 28 peserta. Namun yang hadir dalam Pra UKW tercatat 24 orang peserta. Pada UKW besok terbagi 6 kelas dengan rincian 5 kelas muda dan satu kelas madya," tutup Amril.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index