Kemenag Riau Siapkan 252 Calon Jemaah Haji Cadangan

Kemenag Riau Siapkan 252 Calon Jemaah Haji Cadangan
Jemaah Haji

Riauaktual.com - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau sudah menyiapkan sebanyak 252 orang jamaah haji cadangan. Mereka disiapkan untuk mengisi kekosongan jika nanti ada calon jemaah haji reguler yang tidak melunasi biaya haji.

"Tahun ini kita ada penambahan 5 persen untuk jamaah haji cadangan yang berhak melunasi biaya haji," kata Kanwil Kemenag Riau, Mahyuddin, Selasa (9/5/2023).

Calon jamaah cadangan tersebut dari sisi dokumen sudah siap dan sebagian besar sudah melunasi biaya haji. Sehingga jika sewaktu-waktu mereka dibutuhkan semua sudah siap dan tinggal berangkat.  

"Sudah siap semua, biaya, dokumennya itu sudah siap semua. Mereka juga sudah buat surat pernyataan, siap berangkat dan siap tidak berangkat, jadi jamaah cadangan ini standy setiap saat," sebutnya.

Hingga saat ini jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) Riau yang sudah melakukan pelunasan biaya haji sudah mencapai 86,9 persen. 

Kanwil Kemenag Riau mencatat jumlah CJH Riau yang sudah melunasi biaya haji sudah mencapai sebanyak 4.384 orang. Tersisa 696 orang lagi yang belum melakukan pelunasan. 

Mahyuddin mengungkapkan, jika hingga masa perpanjangan waktu pelunasan berakhir ternyata masih ada calon jemaah yang belum melunasi Bipih, maka akan diisi oleh calon jamaah haji cadangan.

Seperti diketahui, pemerintah pusat melalui Kementerian Agama resmi mempanjangan masa pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau Bipih. Sesuai jadwal harusnya waktu pelunasan Bipih berakhir Jumat (5/5/2023). 

Namun sesuai surat edaran dari Kemenag RI masa pelunasan Bipih diperpanjang hingga 12 Mei 2023 pukul 08.00 WIB s.d 15.00 WIB.

Mahyudin mengungkapkan perpanjangan masa pelunasan Bipih tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 181 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 157 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Konfirmasi Pelunasan dan Pembayaran Pelunasan Biaya Perjalanan lbadah Haji Reguler Tahun 1444H/2023M.

Selain masa perpanjangan, dalam Keputusan itu juga disebutkan bahwa jemaah Haji Reguler cadangan ditambah menjadi 15 persen dari kuota masing-masing provinsi 

Kemudian jemaah Haji lunas tunda tahun 2020 dan tahun 2022 yang tidak mengambil dana pelunasannya hanya melakukan konfirmasi pelunasan di BPS Bipih tanpa melakukan pembayaran.

"Diharapkan agar Jemaah Haji Reguler, Pembimbing KBIHU, dan PHD untuk segera melunasi Bipih," kata Mahyudin.

JCH Riau dijadwalkan mulai berangkat ke Tanah Suci 24 Mei 2023 mendatang. Kloter pertama Riau yang akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi ini nanti akan masuk dalam kloter Batam.

"Tanggal 23 Mei itu para calon jamaah haji sudah mulai masuk asrama, menginap satu malam, paginya, tanggal 24 diterbangkan ke Batam, kemudian ganti pesawat dan langsung terbang ke Arab Saudi," kata Mahyudin. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index