Geram Jalan Rusak Akibat Truk Batu Bara, Gubri Syamsuar Langsung Sidak, Janji Panggil Perusahaan

Geram Jalan Rusak Akibat Truk Batu Bara, Gubri Syamsuar Langsung Sidak, Janji Panggil Perusahaan
Gubernur Riau Syamsuar Sidak Ke Perusahaan Yang Membawa Batu Bara

Riauaktual.com - Geram dengan kondisi jalan yang rusak akibat truk batu bara, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar disela peninjauan perbaikan ruas jalan Inhu - Inhil langsung turun sidak ke perusahaan yang membawa batu bara tersebut.

Syamsuar menyaksikan langsung Truk bolak balik mengangkut batu bara pada  PT Global yang terletak di perbatasan Inhu-Inhil.

"Ini berapa ton muatannya ini, truk ini lah yang menghancurkan jalan," ujar Syamsuar kepada petugas yang ditemuinya.

Syamsuar berharap agar truk  menggunakan jalan perusahaan atau menggunakan jalur laut

Menurut Gubri Syamsuar, muatan angkutan batu bara melebihi batas maksmial (tonase) pada kendaraan besar merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab kerusakan jalan di Provinsi Riau.

“Muatan yang lewat sini bisa mencapai 30 ton, sangat tak sebanding dengan kekuatan badan jalan,” ujar Gubri Syamsuar

Oleh karena itulah, Gubri Syamsuar ungkapkan harus ada penyelesaian yang di harapkan mendapati jalan keluar nantinya. Sehingga, permasalahan angkutan ini bisa diatasi bersama.

"Jangan sampai kita cuma kebagian jalan rusak. Nanti kita panggil, harus ada solusi penyelesaiannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Mantan Bupati Dua Periode ini menyangkan masih banyaknya melihat mobil-mobil besar yang melebihi kapasitas melintasi di jalan Kuala Cenaku. Setelah dari peninjauan ini, dia akan memanggil pihak perusahaan untuk mencari jalan keluarnya.

“Terkait mobil pengangkutan yang muatannya lebih dari kapasitas, sebetulnya ada di kenakan sanksi.  Namun, Dinas Perhubungan kan tak bisa juga setiap hari memberikannya. Terkait itu kita akan tindak lanjuti bersama dan kalau masih tidak bisa menyelesaikan masalah nanti akan kita panggil perusahaan itu.” ujar.

Petugas yang berada di lapangan Azis Sucipto mengaku tiap hari 80 - 100 Truk batu bara menuju peranap. Berat masing-masing truk 30 ton. *

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index