Gubernur Riau Peringati Malam Nuzulul Quran Bersama Masyarakat Pekanbaru

Gubernur Riau Peringati Malam Nuzulul Quran Bersama Masyarakat Pekanbaru
Peringatan Malam Nuzulul Quran di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Jumat (07/04/2023) malam.

Riauaktual.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melaksanakan peringatan malam nuzulul quran pada bulan ramadan 1444 Hijiriah /2023 Masehi bersama masyarakat Kota Pekanbaru.

Acara ini mengusung tema “Dengan peringatan Nuzulul Qur’an sebagai pedoman dan tuntunan untuk meraih keberkahan negeri yang bermarwah dan bermartabat.” Peringatan Malam Nuzulul Quran tahun ini digelar di Masjid Raya Annur Provinsi Riau, Jalan Hang Tuah, Pekanbaru, Jumat (07/04/2023) malam.

Pada kesempatannya, Gubri Syamsuar mengatakan syukur alhamdulillah pada malam hari ini masih diberikan nikmat sehat dan kesempatan bahwa dapat menyambut malam ke 17 ramadan. 

Menurutnya, tentu manusia harus bersyukur kepada Allah SWT karena telah dapat melaksanakan ibadah puasa sampai hari ini dan dapat mengisi malam dengan membaca quran.

“Pertama kali kami mengucapkan terima kasih kepada kita semua yang hari ini juga masih ikut melaksanakan baik salat fardhu kemudian juga salat tarawih dan salat witir sekaligus juga mengisi tadarus di masjid yang kita cintai,” katanya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini menjelaskan untuk mempersiapkan generasi qurani di masa yang akan mendatang, Pemerintah Provinsi Riau saat ini telah mempersiapkan quran center.

“Kami Pemerintah Provinsi Riau juga mempersiapkan sekarang Qur'an Center Insyaallah juga sekarang sudah dapat mengajarkan kegiatan yang berkaitan dengan operasional dari Islamic Center ini. Walaupun belum selesai seluruhnya bangunan InsyaAllah tahun ini sesuai dengan perencanaannya akan selesai tapi kita sudah mulai dengan kegiatan-kegiatan yang bisa memanfaatkan Alquran ini,” jelasnya.

Dirinya menerangkan terutama untuk meningkatkan mutu bacaan Alquran, sekarang juga di dalam kegiatan ini juga ada kegiatan bagaimana meningkatkan kualitas bacaan Alquran terhadap para imam masjid di kota Pekanbaru.

Selain itu, pada tahun ini juga telah di mulaikan pembelajaran hafalan quran untuk anak-anak di Provinsi Riau. Dirinya menambahkan, sekarang sudah ada 20 orang anak yang mendapatkan sanad dari Rabithah Islami di Jeddah.

“Beberapa bulan lalu kita sudah memberikan pembelajaran kepada anak-anak kita yang hafal Alquran 30 juz dari kabupaten kota se Riau ini, ada 20 orang kemarin dan mereka juga sudah mendapatkan sanad dari Robitoh Islami yang ada di Jeddah,” terangnya.

Diungkapkan Gubri, tentunya Quran Center ini operasionalnya sudah disepakati dengan para ulama di sini. Dipimpin oleh Al Mukarom Doktor ustad Mustafa Umar serpara ulama lainnya. Pembelajaran ini disebut juga dengan Majelis Alquran Riau yang singkat dengan Maqari.

“Maqari inilah nanti yang akan melahirkan para insan Qurani yang sekaligus insan yang berkualitas. Kami merencanakan agar anak-anak di didik ini tidak hanya sampai di sini tapi juga mereka ini akan diberikan beasiswa untuk belajar dimana saja dengan berbagai ilmu tidak hanya ilmu agama tapi juga ilmu-ilmu yang nanti dia akan bermanfaat bagi dunia dan akhirat,” ungkapnya.

Mantan Bupati Siak dua periode ini menuturkan Maqari tersebut dalam rangka untuk mempersiapkan Insan Qurani di negeri Riau yang dicintai agar keberkahan negeri Riau ini senantiasa terjaga. 

Dirinya menambahkan, inilah yang menjadi pedoman dasarnya agar nanti quran center ini merupakan lembaga pendidikan tersebut bagaimana dapt meningkatkan kualitas pembelajaran quran.

“Dan sekaligus kita harapkan jadi pusat kajian Alquran yang ini juga kita mengharapkan dukungan dari pemerintah baik melalui menteri agama dan juga tentunya adanya pihak yang berkompeten berkenaan dengan ini yaitu adalah produsen Islami yang ada di Jeddah yang merupakan pusat pengkajian Alquran dan sunnah Rasulullah yang berada di Arab Saudi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Gubernur Syamsuar berharap mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan juga kepada anak-anak baik membaca Alquran dan menghafalnya. Di tambah lagi, Pemprov Riau telah memberikan anggaran untuk desa-desa di kabupaten/kota.

Karena saat ini juga sudah dapat dibuktikan banyak anak-anak Riau ini dapat menghafal Alquran yang mereka memiliki berbagai ilmu pengetahuan.

“Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan ini apalagi kami juga memberikan anggaran untuk desa-desa. Kalau ini nanti semua desa memiliki anak hafiz Insyaallah selamatlah bumi Melayu ini dunia akhirat dan sekaligus mudah-mudahan negeri kita ini terjaga oleh Allah ta'ala dan senantiasa diberikan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala.” pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index