Jaga Stabilitas Harga

Masyarakat Riau Didorong untuk Bijak Berbelanja Saat Ramadan 2023

Masyarakat Riau Didorong untuk Bijak Berbelanja Saat Ramadan 2023
Ilustrasi (net)

Riauaktual.com - Masyarakat Riau didorong untuk selalu bijak dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga terutama di saat Ramadan dan menjelang Idulfitri 2023. 

Bijak dalam berbelanja akan sangat menentukan stabilitas ketersediaan dan harga bahan pokok.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Muhamad Nur mengatakan, BI mendorong agar masyarakat agar tidak mudah terpengaruh terhadap persepsi negatif yang biasa muncul.

“Persepsi negatif yang biasa muncul di saat Ramadhan dan Idul Fitri yakni tentang gejolak harga bahan pokok yang selalu naik. Sehingga dikhawatirkan ada aksi beli dalam jumlah banyak. Kondisi ini tentu saja tidak baik untuk pasar,” tuturnya, Rabu (22/3/2023).

Dia menambahkan, kampanye Cinta, Bangga, Paham (CBP) rupiah edisi Ramadhan ini dititikberatkan agar masyarakat bijak berbelanja dalam memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan maupun dalam menghadapi Hari Raya Idulfitri. 

“Bijak, yaitu berbelanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan sehingga tidak terjadi kelangkaan barang yang dapat memicu kenaikan harga atau inflasi,” ujarnya.

Sebagaimana dalam siklus tahunan Ramadan dan Idulfitri, ada beberapa komoditi bahan pokok masyarakat yang perlu mendapat perhatian BI dan TPID, diantaranya; cabai, minyak goreng, beras, dan beberapa komoditi lainnya.

“Oleh sebab itu, bijak berbelanja saat Ramadhan dan Idul Fitri akan sangat membantu menekan laju inflasi. Jadi berbelanjalah sesuai dengan kebutuhan saja,” tuturnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index