Pustaka Air Keliling Pedalaman Talang Mamak Diresmikan, Kapolres Inhu Harapkan Minat Baca Meningkat

Pustaka Air Keliling Pedalaman Talang Mamak Diresmikan, Kapolres Inhu Harapkan Minat Baca Meningkat
Pustaka Air Keliling

Riauaktual.com - Kapolres Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K mengunjungi sekaligus meresmikan pustaka air bersih keliling Polres Inhu di daerah pedalaman Talang Mamak, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal.

Kapolres Inhu meresmikan pustaka air yang dibangun di atas 2 perahu atau boat aliran Sungai Batang Gansal, Desa Rantau Langsat.

"Pustaka air ini sengaja dibangun diatas permukaan sungai agar minat baca anak-anak disepanjang aliran sungai lebih meningkat," kata Kapolres, Rabu (15/3/2023).

Dalam persemian, Senin (13/3/2023) kemarin Kapolres mengajak anak-anak setempat untuk menyisiri sungai Batang Gansal menggunakan sampan motor atau boat yang dijadikan pustaka air agar anak-anak bisa merasakan manfaat pustaka air keliling tersebut.

Pustaka air berjalan itu akhirnya sampai di sekolah Harapan Bangsa kelas jauh Dusun Bengayawan, Desa Rantau Langsat. Kedatangan Kapolres dan rombongan disambut oleh tarian Kumantan Talang Mamak yang dipersembahkan oleh pelajar sekolah Harapan Bangsa kelas jauh. Dilokasi itu, Kapolres Inhu menyerahkan bantuan kelambu dan sembako untuk masyarakat setempat.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Inhu, memberikan bingkisan bhakti sosial Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB) dalam rangka HUT YKB yang ke-43 tahun 2023. Kemudian, Kapolres Inhu didampingi Kepala Sekolah Harapan Bangsa kelas jauh, Warnulibeta, S.Pd meninjau ruang belajar dan proses belajar di sekolah itu.

Ada hal yang menarik ketika kunjungan Kapolres disekolah itu, yakni ketika Ketua Bhayangkari Cabang Inhu melantunkan dongeng dihadapan anak-anak yang disambut antusias oleh anak-anak dengan berbagai ekspresi ketika mendengar dongeng dari Ketua Bhayangkari Cabang Inhu. Setelah dongeng, ada permainan game yang seru.Dilanjutkan pemberian bingkisan pada seluruh pelajar dan guru serta kepala sekolah.

Sedangkan Kapolres Inhu, memberikan bantuan inventaris ruang belajar, seperti peta Indonesia, foto-foto pahlawan nasional, foto Presiden berserta wakil, jam dinding, bantuan uang pada kepala sekolah dan guru. Pengecatan bangunan sekolah dan kegiatan ditempat itu berakhir dengan sesi foto bersama.

Selain memberikan bantuan inventaris dan pengecatan sekolah kapolres juga memberikan piagam penghargaan kepada dua orang guru suku pedalaman talang mamak SD Harapan Bangsa.

Berita Lainnya

index