Asisten Operasi Kapolri Cek Peralatan di Riau Dalam Hadapi Karhutla

Asisten Operasi Kapolri Cek Peralatan di Riau Dalam Hadapi Karhutla
Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi berkunjung ke Provinsi Riau

Riauaktual.com - Asisten Operasi Kapolri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi berkunjung ke Provinsi Riau meninjau kesiapan personel dan peralatan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla, Selasa (14/3/2023).

Tujuan jenderal berbintang dua ini ke Provinsi Riau dalam rangka asistensi dan supervisi sesuai intruksi bapak Presiden Republik Indonesia Jokowi Dodo.

Setelah tiba di Markas Brimob Polda Riau, mantan Kapolda Riau itu langsung melakukan peninjauan serta pengecekan peralatan pemadam kebakaran hutan.

"Saya bernostalgia melihat kesiapan kita, dimana karhutla menjadi langganan kita setiap tahun. Kita harus siap, bahu membahu serta seluruh instansi terkait untuk pencegahan karhutla," terang Agung.

Diungkapkan Agung karhutla sendiri harus dihadapi bersama-sama dan bukan hal yang harus dihindari.

"Karhutla sesuatu yang harus kita hadapi, realita yang kita hadapi bukan kita hindari. Tadi saya sudah diperlihatkan peralatan yang digunakan untuk menghadapi karhutla," ungkapnya lagi.

Irjen Agun menambahkan, tahun 2023 ini berdasarkan pantauan dari BMKG, akan terjadi perubahan musim panas yang lebih panjang, sehingga akan selalu ada titik api atau hotspot yang harus ditangani seluruh pihak.

"Kami dari Mabes Polri diminta oleh Bapak Presiden tahun ini agar kita semuanya siaga menghadapi karhutla," sambung Agung.

Agung berharap agar seluruh pihak mampu menerapkan sistem yang sudah ada agar berhasil menangani karhutla seperti tahun sebelumnya.

"Saya harap sistem yang sudah ada bisa bekerja seperti tahun lalu berhasil menangani karhutla. Saya berharap semua stakeholder TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat peduli api yang ditugaskan agar mendapatkan sokongan serta dukungan dari pemkot, pemda dan provinsi," tutup Agung.

 

Berita Lainnya

index