Disperindag Pekanbaru Jamin Ketersediaan Pasokan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok Saat Ramadhan

Disperindag Pekanbaru Jamin Ketersediaan Pasokan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok Saat Ramadhan
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin. (Istimewa)

Riauaktual.com - Sejumlah upaya dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, guna menjamin ketersediaan pasokan dan menjaga kestabilan harga bahan pokok saat Ramadhan dan Idulfitri 1444 Hijriah.

Tim dari Disperindag mulai melakukan pemantauan dan pengawasan bahan pokok di pasaran. Mereka memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok jelang masuknya bulan Ramadhan tahun ini.

Mereka memantau beberapa komoditas yang mayoritas alami gejolak harga jelang ramadhan dan Idul fitri. Seperti cabai merah, bawang merah, daging, ayam, telur dan beras.

"Dari pantauan kita kemarin di beberapa pasar tradisional, memang ada beberapa komoditas mulai alami kenaikan harga," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin, Selasa (14/3/2023).

Salah satunya pada komoditas bawang putih yang sudah alami kenaikan mencapai Rp4 ribu per kilogram. Dinas mengantisipasi kenaikan harga pada komoditi lainnya.

Pria yang akrab disapa Ami ini mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Pekanbaru untuk memastikan pasokan bahan pokok.

Karena jika ketersediaan bahan pokok mulai langka, tentu saja akan membuat harganya merangkak naik. Karena Kota Pekanbaru bukan daerah pertanian. Pekanbaru di suplai dari beberapa daerah penghasil seperti Medan dan Sumbar untuk memenuhi kebutuhan komoditas bawang, cabai, dan telur.

"Kemudian, ayam dan telur kita di pasok dari daerah Payakumbuh. Untuk memastikan ketersediaan bahan pokok, kita juga akan mengundang distributor yang ada di pekanbaru. Kita ingin menjamin ketersediaan pasokan dan menjaga kestabilan harga. Kalau barang langka harga pasti naik," jelasnya.

Ami juga mengimbau masyarakat, agar menginformasikan ke pihaknya jika menemukan harga bahan pokok yang alami kenaikan harga terlalu tinggi. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index