Pemko Pekanbaru Dapat Bantuan Rp3 Miliar Bangun Pasar Palapa

Pemko Pekanbaru Dapat Bantuan Rp3 Miliar Bangun Pasar Palapa
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dapat bantuan dari pemerintah pusat untuk revitalisasi Pasar Palapa, di Jalan Durian, Kecamatan Payung Sekaki. Bantuan yang diberikan sebesar Rp3 miliar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin mengatakan, bantuan ini berasal dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Bantuan sebesar Rp3 miliar ini sepenuhnya untuk pembangunan Pasar Palapa.

"Kita akan mulai proses administrasi, InsyaAllah di awal bulan April 2023 kita sudah mulai kerjakan. Tahapan pendaftaran lelang sampai selesai," kata Ami sapaan akrabnya, Minggu (12/3/2023).

Pihaknya menggesa proses administrasi agar pada awal bulan April ini sudah bisa dimulai lelang untuk pembangunan kios pedagang. Dia menargetkan pembangunan rampung pada tahun ini juga.

Setidaknya pada bulan Oktober 2023 ini, dikatakan Ami proses pembangunan rampung. Disperindag Pekanbaru juga sudah membuat desain pembangunan. Daya tampung kios nantinya mencapai 80 pedagang.

"Kita akan atur pedagang itu dalam satu besar. Jadi seperti satu hall besar dan pedagang itu akan kita susun. Kalau sekarang kan pedagang pakai tenda-tenda kecil," terangnya.

Ami menambahkan, sebelumnya Disperindag sudah memberikan proposal ke Kementerian Perdagangan untuk pembangunan Pasar Palapa. Hingga akhirnya kementerian mengeluarkan hasil review dan menyetujui pembangunan. 

Berita Lainnya

index