Sediakan 2.000 Paket Sembako, Pasar Murah Pemko Pekanbaru Digelar di 4 Lokasi

Sediakan 2.000 Paket Sembako, Pasar Murah Pemko Pekanbaru Digelar di 4 Lokasi
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Pekanbaru El Syabrina

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar Pasar Murah secara serentak, Selasa (28/2/2023) besok. Kegiatan ini dalam rangka menekan inflasi daerah Pemko Pekanbaru melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Pekanbaru El Syabrina mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan rapat TPID yang melibatkan sejumlah dinas di lingkup Pemko Pekanbaru juga lintas instansi. Maka dilakukan kegiatan Gerakan Pasar Murah (GPM) serentak digelar di 4 lokasi di Kota Pekanbaru.

Dijelaskan El Syabrina, adapun jumlah paket pangan murah yang disediakan total sebanyak 2.000 paket dan dijual dengan harga Rp100 ribu per paket.

''Paketnya terdiri dari 5 kilogram beras medium Bulog yang impor dari Thailand, minyak goreng Minyakita 2 liter, bawang merah 2 ons dan cabai setengah kilogram,'' kata El Syabrina, Senin (27/2/2023).

Ia menuturkan, bila di lepas di pasar harga keseluruhan paket berkisar Rp120 ribu pada GPM ini pihaknya pasarkan seharga Rp100 ribu saja.

Adapun untuk lokasi Pasar Murah sendiri, akan dilaksanakan di lokasi-lokasi sebagai berikut, Halaman Masjid Gunung Merah Kecamatan Sumahilang Pekanbaru Kota.

Kemudian, Halaman Kantor Camat Sukajadi di Jalan Ahmad Yani. Lokasi berikutnya Eks Kantor Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru di Jalan Cut Nyak Dhien, dan terakhir di lokasi eks kebakaran di Jalan Taskurun Pekanbaru.

El Syabrina menyebut, pemerintah kota terus berupaya supaya harga kebutuhan pangan masyarakat bisa terjangkau oleh masyarakat, sehingga juga bisa menekan laju inflasi di Kota Pekanbaru.

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan juga membuka akses kepada kelompok wanita tani yang hendak memasarkan sayuran dan bahan olahan untuk ikut memasarkan produk pertaniannya.

Sejauh ini, di Provinsi Riau, khususnya di Kota Pekanbaru, tingkat inflasi berkisar 6,9 persen. Adapun pemerintah menargetkan bisa menekan laju inflasi di bawah 6 persen.

Adapun beberapa komoditas pangan yang menjadi penyumbang inflasi paling tinggi di Pekanbaru saat ini, sebut El Syabrina adalah beras, minyak goreng, bawang dan cabai.

''Karena bahan pangan itu tinggi, itu yang kita jual di GPM kali ini. Mudah-mudahan ini bisa mempengaruhi harga jual di pasar, dan ikut membantu menekan angka inflasi harian di Kota Pekanbaru,'' jelasnya.

Untuk bahan pangan yang akan dipasarkan, dijelaskan El Syabrina, selain membeli dari distributor utama, juga didatangkan dari petani langsung di Sumbar juga kerja sama dengan Bulog.

''Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Gerakan Pasar Murah yang akan mulai dilaksanakan pada pagi hari hingga selesai. Harus di ingat, di tiap-tiap lokasi GPM hanya disediakan sebanyak 500 paket. Sehingga totalnya di 4 lokasi ada sebanyak 2.000 paket,'' pungkasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index