Antisipasi Penimbunan, TPID Pekanbaru Awasi Distributor Bahan Pangan Jelang Ramadhan

Antisipasi Penimbunan, TPID Pekanbaru Awasi Distributor Bahan Pangan Jelang Ramadhan
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Riauaktual.com - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru mulai melakukan pengawasan terhadap distributor bahan pangan. Mereka tidak ingin ada oknum yang menimbun bahan pangan apalagi sebentar lagi memasuki bulan Ramadhan.

Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, pemerintah kota tidak ingin ada oknum melakukan pengoplosan bahan pangan. Ia menyebut tim sudah meninjau pasokan bahan pangan di Gudang Bulog Wilayah Riau-Kepri.

"Terkait pasokan beras, untuk Pekanbaru cukup, kita juga berharap harga beras tetap stabil. Karena harga beras berpotensi menyumbangkan inflasi," kata Indra Pomi Nasution, Minggu (26/2).

Menurutnya, TPID Pekanbaru juga melakukan pengecekan di pasaran. Mereka melihat langsung ketersediaan dan harga bahan pangan. Dinas terkait juga diminta memastikan pasokan yang ada pada distributor.

Jangan sampai ada penimbunan pasokan yang menyebabkan kenaikan harga di pasaran. Kenaikan harga bahan pangan bisa membuat tinggi inflasi daerah.

Kemudian TPID melakukan kerjasama dengan daerah penghasil sayuran maupun cabai. Kerjasama ini antara koperasi karyawan dengan produsen di daerah penghasil.

"Modalnya dari koperasi karyawan, nanti akan gandeng PT. Sarana Pangan Madani, bisa memetakan daerah penghasil dan lokasi pengantarannya," terangnya.

Indra Pomi menilai, Kota Pekanbaru termasuk daerah yang menjadi penyumbang inflasi nasional. Walau ada penurunan tingkat inflasi di Kota Pekanbaru.

Tingkat inflasi dari bulan ke bulan pada tahun 2023 mengalami penurunan. Ada penurunan sebanyak 0,3 persen. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index