Pemko Pekanbaru Masih Siapkan Data Pengusaha Angkutan Penerima Subsidi Transportasi

Pemko Pekanbaru Masih Siapkan Data Pengusaha Angkutan Penerima Subsidi Transportasi
Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (14/2/2023).

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masih menyiapkan data calon penerima bantuan subsidi transportasi angkutan barang. Mereka yang nantinya mendapatkan subsidi adalah pengusaha atau pemilik angkutan yang mengangkut kebutuhan pokok dari daerah penghasil ke Kota Pekanbaru.

Subsidi ini diberikan kepada pengusaha angkutan guna menekan biaya angkut dalam upaya pengendalian inflasi daerah akibat tingginya sejumlah harga kebutuhan pokok.

"Sedang ngumpulin data, menyiapkan data orang-orangnya (penerima subi) siapa," ujar Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Selasa (14/2/2023).

Menurutnya, pemerintah kota juga masih menyiapkan skema penyaluran subsidi. Mereka menyiapkan skema agar subsidi bantuan transportasi tepat sasaran.

Pemilik angkutan yang mendapat subsidi nantinya, mesti mengangkut kebutuhan pokok ke Kota Pekanbaru. Langkah ini sebagai bentuk intervensi untuk memenuhi ketersediaan dan menekan harga bahan pokok.

"Nanti bahan pokoknya tidak dikirim ke Pekanbaru, kan percuma saja kita intervensi," jelas Indra Pomi.

Sebelumnya, pengusaha angkutan barang yang mengangkut kebutuhan pokok bakal mendapat subsidi transportasi berupa uang tunai. Subsidi diberikan agar dapat membantu kelancaran pasokan kebutuhan bahan pokok dari daerah penghasil ke Kota Pekanbaru.

Indra Pomi mengatakan, subsidi transpor ini merupakan program jangka pendek pemerintah kota dalam upaya mengendalikan inflasi akibat harga kebutuhan pokok yang tinggi.

Untuk anggaran subsidi transpor ini, dijelaskan Indra Pomi diambil dari anggaran Bantuan Tidak Terduga (BTT) tahun 2023 sebesar Rp19 miliar. Dirinya belum bisa memastikan berapa besaran subsidi yang bakal diberikan. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index