KPU Riau Plenokan Nama-nama Anggota DPD Dapil Riau, 34 Bacalon Masuk Tahap Verfak

KPU Riau Plenokan Nama-nama Anggota DPD Dapil Riau, 34 Bacalon Masuk Tahap Verfak
Suasana rapat pleno KPU Riau. (RA1)

Riauaktual.com-KPU Riau telah menetapkan nama-nama Bacalon Anggota DPD Dapil Riau yang bisa melanjutkan ke tahapan lanjutannya, ada 34 nama dari total 41 bacalon yang lolos pada saat tahapan syarat minimal dukungan.

Sisanya yakni sebanyak 7 nama dinyatakan tidak lolos untuk melanjutkan ke tahapan lanjutan, yakni tahapan verifikasi faktual kesatu hingga 26 Februari 2023 nanti.

Nama-nama itu diumumkan pada saat rapat pleno Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi Perbaikan Kesatu Syarat Dukungan Bakal Calon Anggota DPD Daerah Pemilihan Provinsi Riau dan Bimtek Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Anggota DPD pada akhir pekan lalu.

KPU Riau kala itu membacakan total dukungan untuk masing-masing bakal calon yakni minimal 2000 dan sebaran dukungannya yakni minimal tersebar di 50 persen.

Pleno kemudian memutuskan 34 bakal calon memenuhi syarat untuk lanjut ke tahap berikutnya sedangkan 7 bakal calon dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Bagi bakal calon yang statusnya Memenuhi Syarat (MS) lanjut ke tahap verifikasi faktual (Verfak) kesatu dari tanggal 6 s/d 26 Februari 2023. Sedangkan yang statusnya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tidak diikutkan ke tahapan berikutnya,” terang Ketua KPU Riau Ilham M Yasir, Senin (6/2/2023.

Lanjut Ilham, verifikasi administrasi (Vermin) ada 2 tahapan yakni tahap pertama statusnya memenuhi syarat (MS) dan belum memenuhi syarat (BMS). Sedangkan pada tahapan Vermin perbaikan, statusnya hanya ada MS dan TMS.

"Bahkan, kemarin KPU juga memberikan tambahan waktu untuk Bacalon yang ada kendala dalam menginput dan mengunggah dukungan perbaikannya ke Silon,” jelasnya.

“Pada pleno hari ini bagi Bacalon yang pada tahap sebelumnya BMS dan sekarang sudah MS, maka dapat lanjut ke tahap Verfak. Sedangkan bagi Bacalon yang tidak memenuhi syarat (TMS), tidak dapat lanjut ke tahap berikutnya,” tutup Ilham.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index