BPBD Pekanbaru Klaim Tidak Ada Korban Jiwa Akibat Bencana Alam Sepanjang Tahun 2022

BPBD Pekanbaru Klaim Tidak Ada Korban Jiwa Akibat Bencana Alam Sepanjang Tahun 2022
Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra

Riauaktual.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mencatat tidak ada korban jiwa akibat bencana alam sepanjang tahun 2022 kemarin.

Walupun demikian, diakui banyak warga yang harus mengalami kerugian materil akibat banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa sepanjang bencana alam tahun 2022. Memang ada korban luka-luka pada saat bencana pohon tumbang beberapa waktu lalu, tapi sudah dilakukan perawatan medis dan sudah pulang," ujar Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Chandra, Senin (30/1/2023).

Menurutnya, sepanjang tahun 2022 terdapat bencana alam hidrometeorologi seperti tanah longsor, banjir dan angin puting beliung. Beberapa lokasi juga masih rawan mengalami banjir saat hujan deras.

"Ada banjir, angin kencang dan tanah longsor dan pohon tumbang. Ini terjadi sepanjang tahun kemarin," ujarnya.

Potensi bencana alam tersebut terjadi sepanjang musim hujan di tahun 2022 lalu. Sedangkan saat ini, Kota Pekanbaru akan memasuki musim kemarau.

"Musim kemarau, kita mewaspadai kebakaran lahan. Namun, ini belum ada koordinasi lanjutan dari BMKG dan pusat terkait penerapan kebijakan status siaga bencana selanjutnya," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index