BKSDA Terima Laporan Petani di Siak Temukan Jejak Harimau di Kebun Sawit

BKSDA Terima Laporan Petani di Siak Temukan Jejak Harimau di Kebun Sawit
Ilustrasi jejak harimau (Foto dok BBKSDA Riau)

Riauaktual.com - Sejak harimau Sumatera muncul pertama kali memasuki pemukiman padat penduduk di Kampung Suak Lanjut, Kabupaten Siak, Senin (16/1/2023) lalu. Sampai saat ini tim masih melakukan mitigasi.

Umpan kambing yang sengaja disediakan di box trap untuk menjerat harimau, belum dimakan dan kamera yang dipasang belum menangkap harimau tersebut.

Kabar terbaru, harimau diinformasikan muncul di kebun warga di Kelurahan Sungai Mempura, Kampung Merempan Hilir, Kabupaten Siak, Riau. 

Hal ini dibenarkan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman S Hasibuan, bahwa petani setempat melaporkan melihat jejaknya.

"Informasinya jejak harimau ditemukan di kebun sawit," jelas Genman, Sabtu (28/1/2023).

Mendapat kabar itu tim mitgasi, lanjut Genman, langsung melakukan koordinasi dengan dengan aparat Kelurahan Sungai Mempura.

Hasilnya personel Bhabinkamtibmas setempat mengatakan, petani melaporkan dua hari lalu melihat jejak harimau di kebun sawit warga di Kampung Merempan Hulu.

Namun, komunikasi yang dilakukan melalui telepon seluler kepada petugas Bhabinkamtibmas mengatakan, bahwa petani yang melapor belum bisa dihubungi karena masih bekerja di kebunnya.

Pihaknya memperkirakan harimau itu sedang bergerak mengarah ke habitatnya hutan SM Giam Siak Kecil.

"Kota Siak dan hutan Taman Nasional Zamrud berjarak sekitar 10 kilometer. Di mana di antaranya sudah banyak permukiman dan kebun warga," terang Genman.

Meski begitu, tim Mitigasi saat ini masih memastikan informasi tersebut untuk selanjutnya melakukan observasi di Kampung Merempan.

Genman mengatakan, kemungkinan harimau itu keluar dari hutan dan melintasi perkotaan di Kabupaten Siak, karena kekurangan pakan di habitat sehingga keluar mencari mangsa.

Genman berpesan saat ini membutuhkan informasi untuk keberadaan satwa dilindungi tersebut.

"Jika melihat harimau harap laporkan ke aparat terdekat atau ke call centre Balai Besar KSDA Riau di nomor 081374742981," pesan Genman.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index