Puluhan Para Pelaku UMKM di Bengkalis Ikuti Workshop Ekonomi Kreatif

Puluhan Para Pelaku UMKM di Bengkalis Ikuti Workshop Ekonomi Kreatif
Pelaku UMKM di Bengkalis Ikuti Workshop Ekonomi Kreatif

Riauaktual.com - Bengkalis Creative Network (BCN) dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) menyelenggarakan kegiatan Workshop Ekonomi Kreatif.

Kegiatan dibuka langsung Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Alfakhrurrazy, Selasa (13/12/22) kemarin yang di ikuti 
76 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari delapan kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

Sementar kegiatan nantinya akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari 13-15 Desember 2022.

Alfakhrurrazy dalam sambutannya menyebut ekonomi kreatif menjadi salah satu fokus pembangunan dibidang ekonomi. Yang mana, Kabupaten Bengkalis memiliki sejumlah potensi ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan berupa produk unggulan dari masing-masing daerah yang memiliki keunikan.

"Tidak adanya inovasi promosi dan kreativitas para pelaku UMKM, potensi yang dimiliki sulit untuk maju dan berkembang. Apalagi untuk bersaing di pasar global. Padahal kualitas produk juga tidak kalah dengan produk di pasaran," sebutnya.

Pemerintah, kata Alfakhrurrazy selalu mendukung pengembangan ekonomi kreatif terutama untuk terus memutar roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan sosial serta ekonomi masyarakat.

"Pemkab Bengkalis selalu beri pembinaan dan pengembangan dengan berbagai strategi, dan bertujuan untuk meningkatkan potensi daerah yang memiliki kearifan lokal," ungkapnya.

Diharapkan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bengkalis dapat meningkatkan potensinya, sehingga mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bersaing serta menghasilkan produk, mempromosikan maupun memasarkannya. Sehingga, akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan.

"Strategis membangun kekuatan ekonomi masyarakat melalui penerapan teknologi dan inovasi dari produksi, pengelolaan pemasaran, permudah permodalan dan transaksi keuangannya. Akhirnya diharapkan mendongkrak nilai produk UMKM dari Kabupaten Bengkalis," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua BCN Kabupaten Bengkalis, Riza Zuhelmy, menginginkan, produk-produk kreatif dari UMKM Bengkalis bisa mendapatkan promosi di daerah luar seperti di Pekanbaru, guna mendongkrak omset penjualan dari sebelumnya.

"Terima kasih kepada Pemkab Bengkalis atas dukungan sehingga kegiatan hari ini dapat dilaksanakan. Dan harapan kami kolaborasi-kolaborasi yang seperti ini dapat terus dikembangkan mengingat di organisasi ini menghimpun komunitas-komunitas ekonomi kreatif," ujarnya.

Riza juga menyampaikan melalui workshop ekonomi kreatif tersebut, juga diharapkan ada efek lebih yang bisa dirasakan oleh para pelaku usaha dari berbagai sisi.

Sebelumnya, Sri Wulan Kumalasari, Panitia Pelaksana mengatakan, tujuan dilaksanakan workshop ini adalah untuk menambah pengetahuan, wawasan dan inovasi bagi para pelaku UMKM serta untuk meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.

Peserta UMKM dari Kecamatan Bantan sebanyak 10 orang, Kecamatan Bathin Solapan sebanyak 7 orang, Kecamatan Bengkalis 37 orang, Kecamatan Bukit Batu sebanyak 4 orang.

"Kecamatan Mandau sebanyak 7 orang, Kecamatan pinggir sebanyak 7 orang dan Kecamatan Siak Kecil sebanyak 4 orang," katanya.

Disela-sela kegiatan, juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara BCN Bengkalis dan Nadhira Napoleon Pekanbaru. Tampak hadir Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Bengkalis, Zulpan dan tamu undangan lainnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index