Jokowi Akhirnya Ungkap Sosok Rambut Putih Suka Pikirkan Rakyat

Jokowi Akhirnya Ungkap Sosok Rambut Putih Suka Pikirkan Rakyat
Jokowi hadiri Nusantara Bersatu. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berbicara tentang sosok pemimpin berambut putih yang memikirkan rakyat. Namun, dia masih enggan mengungkap jelas siapa sosok yang dimaksud.

Jokowi membiarkan masyarakat menafsirkan sendiri siapa sosok pemimpin rambut putih tersebut.

"Ya ditafsirkan apa pun silakan," kata Jokowi usai menghadiri acara Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng atau Temu Akbar Pasukan Merah di Rumah Radakng Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11).

Jokowi mengakui banyak sosok berambut putih. Dia mengambil contoh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

"Banyak yang rambutnya putih, seperti Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, termasuk Pak Prabowo Subianto, rambutnya juga agak putih, dan lainnya," ujarnya sebagaimana dikutip dari Merdeka.com.

Jokowi mengatakan calon pemimpin berambut putih memang sosok yang benar-benar memikirkan rakyat. Berbeda dengan tokoh dengan wajah mengkilap dan tanpa kerutan.

"Tetapi memang dalam orang bekerja, kalau sungguh-sungguh dan kerja keras, pasti akan memengaruhi fisiknya, termasuk juga rambut," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi menghadiri acara relawan bertajuk Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (28/11). Dalam acara tersebut, Jokowi mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

Menurutnya, ciri pemimpin tersebut terlihat dari dari penampilan dan wajahnya. "Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan," kata Jokowi.

Jokowi berkata, pemimpin yang memikirkan rakyat banyak kerutan di wajahnya. Selain itu, rambut pemimpin tersebut berwarna putih.

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Jokowi bilang hati hati dengan calon pemimpin yang mukanya mulus. Dia kembali berkata, pilih pemimpin yang rambutnya putih.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya clink bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

Pernyataan Jokowi tersebut menuai banyak interpretasi. Ada yang mengaitkan sosok calon pemimpin berambut putih dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berita Lainnya

index