Penetapan Status Siaga Darurat Banjir Riau 2022 Dikaji Pekan Ini

Penetapan Status Siaga Darurat Banjir Riau 2022 Dikaji Pekan Ini
Ilustrasi banjir di Pekanbaru (Foto : Heru Maindikali)

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan segera mengkaji penetapan status siaga darurat banjir ditingkat Provinsi. Hal tersebut dikarenakan, saat ini sudah ada kabupaten/kota yang menetapkan status siaga darurat banjir.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, setelah adanya daerah menetapan status siaga darurat banjir, pihaknya akan melakukan rapat bersama OPD dan instansi terkait sebelum status siaga darurat banjir tingkat provinsi ditetapkan.

"Nanti kita di provinsi akan adakan rapat dulu dengan beberapa OPD terkait untuk penetapan status siaga banjir. Kita jadwalkan dalam pekan ini," kata Edy Afrizal, Senin (21/11/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, persiapan penetapan status ini menyusul sudah ditetapkan status siaga darurat banjir di dua kabupaten/kota. Yakni Kabupaten Kampar dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Penetapan status siaga ini memang sudah mendesak untuk ditetapkan. Melihat kondisi curah hujan di Riau saat ini mulai meningkat. 

"Bahkan beberapa wilayah hampir setiap harinya diguyur hujan. Sehingga diharapkan dengan penetapan status siaga penanganan banjir bisa dilakukan lebih komprehensif," ujarnya.

Edy Afrizal menyampaikan, BPBD Riau saat ini juga sudah menyiagakan personel dan peralatan untuk membantu masyarakat jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Hal ini disiapkan sebagai bentuk antisipasi adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah provinsi Riau.

Menyikapi kondisi cuaca saat ini, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada BPBD Kabupaten/Kota untuk siap siaga. Karena saat ini sudah terjadi peralihan musim dari kemarau ke penghujan. Sehingga BPBD kabupaten kota diminta meningkatkan kewaspadaan.

"?Kami sudah sampaikan ke BPBD Kabupaten/Kota, agar semua peralatan dan personel termasuk logistik, semua disiapkan. Kalau memerlukan bantuan segera laporkan kepada kami," tukasnya. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index