Kemenag Riau Imbau Masyarakat Shalat Gerhana Bulan

Kemenag Riau Imbau Masyarakat Shalat Gerhana Bulan
Dok BMKG

Riauaktual.com - Fenomena gerhana bulan total akan terjadi pada Selasa (8/11/2022). Gerhana bulan total berdurasi 1 jam, 24 menit, dan 58 detik. Sementara durasi umbral (sebagian dan total) selama 3 jam, 39 menit, dan 50 detik.

Puncak gerhana bulan total bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.00 WIB dan akan berakhir pada pukul 20.56 WIB.

Terkait fenomena tersebut, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Mahyudin mengatakan, jika pihaknya telah mengirim surat imbauan ke Kemenag kabupaten kota untuk melaksanakan salat Gerhana Bulan.

"Kita sudah kirim surat edaran agar Kemenag kabupaten kota melaksanakan Salat Gerhana Bulan besok. Itu sifatnya imbauan ajakan, karena arahan dari pusat juga seperti itu," kata Mahyudin.

Selain itu, Mahyudin juga mengajak masyarakat kabupaten/kota se-Riau juga untuk melaksanakan salat Gerhana Bulan, baik di rumah maupun di masjid dan mushalla.

"Kita imbau pengurus masjid dan mushalla serta masyarakat yang beragama Islam untuk melaksanakan salat Gerhana Bulan. Semakin banyak masyarakat yang melaksanakan salat semakin bagus," ujarnya. 

Berita Lainnya

index