Pelanggan PDAM Tirta Siak Hanya 7 Persen dari Wilayah SPAM Pekanbaru

Pelanggan PDAM Tirta Siak Hanya 7 Persen dari Wilayah SPAM Pekanbaru

Riauaktual.com - Jumlah sambungan rumah (SR) di Kota Pekanbaru yang menggunakan air PDAM Tirta Siak masih minim. Air PDAM yang dihasilkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) baru memiliki pelanggan 7.000 SR.

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution menyebut, sementara di Pekanbaru ini, ada sekitar 500.000 rumah yang dilalui atau menjadi wilayah SPAM.

"Jadi, hanya sekitar 6-7 persen yang berlangganan air PDAM di wilayah SPAM Pekanbaru. Kalau SPAM Pekanbaru dan SPAM Pekanbaru-Kampar rampung, saya harap pelanggan PDAM meningkat," ujar Indra Pomi Nasution, Minggu (6/11/2022).

Nantinya SPAM akan mengalirkan air bersih di lima kecamatan. Saat ini, proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) ini hampir rampung dikerjakan.

Indra mengungkapkan, ada dua SPAM yang sedangkan dikerjakan saat ini dan dua SPAM lagi masih dalam tahap perencanaan.

Pertama, proyek SPAM Pekanbaru dengan kapasitas 1.000 liter per detik. Proyek ini merupakan KPBU atau kerja sama pemerintah dengan perusahaan swasta.

Kemudian, proyek SPAM Pekanbaru-Kampar di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Proyek SPAM ini merupakan kerja sama antara perusahaan dengan perusahaan (Business to Business/B to B). Rencananya, SPAM Pekanbaru-Kampar ini berkapasitas 1.000 liter per detik.

"Aliran air 30 persen untuk Kabupaten Kampar dan 70 persen untuk Kota Pekanbaru. Wilayah Pekanbaru yang mendapat aliran air bersih dari proyek SPAM ini antara lain Kecamatan Bukit Raya, Tuah Madani hingga ke sekitar kawasan Purna MTQ di Jalan Jenderal Sudirman," jelasnya.

Kemudian, ada dua lagi SPAM yang sedang Pra Feasibility Study (Pra FS) atau studi kelayakan yakni SPAM Tenayan dan SPAM Rumbai. Kedua SPAM ini sedangkan dikaji untuk dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index