PUPR Turunkan 15 Tim Pasukan Kuning Keruk Drainase dan Anak Sungai

PUPR Turunkan 15 Tim Pasukan Kuning Keruk Drainase dan Anak Sungai

Riauaktual.com - Upaya normalisasi drainase dan anak sungai masih dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru dalam menyelesaikan masalah banjir. Normalisasi ini merupakan rencana aksi jangka pendek yang dilakukan dinas tersebut.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, ada 15 tim pasukan kuning yang diterjunkan setiap hari untuk melakukan normalisasi drainase dan anak sungai se-Kota Pekanbaru.

Pasukan kuning dibantu alat berat melakukan pengerukan sedimen drainase dan normalisasi anak sungai. Mereka melakukan pembersihan hingga lalulintas air berjalan baik.

"Ada 10 tim untuk pembersihan drainase yang ada di kiri kanan jalan, dan 5 tim untuk normal anak-anak sungai. Langkah ini efektif untuk mengurangi banjir yang ada di titik itu, disamping kita melakukan di hilirnya juga," terang Indra Pomi, Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, berdasarkan pantauan di lapangan langkah ini cukup efektif mengurangi dampak banjir di lokasi tersebut. Pihaknya juga melakukan normalisasi hilir sungai atau badan penampung.

"Badan penampung itu kan Sungai Siak, Sungai Sail, Sungai Sibam, Sungai Air Hitam. Itu memang gak bisa manual, kita pakai alat berat. Ada empat unit yang kita turunkan setiap hari untuk normalisasi," jelasnya.

Pemerintah kota dalam upaya ini juga menambah anggaran penanganan banjir pada tahun depan dibandingkan tahun ini. Jumlah anggaran yang di anggarkan pada tahun 2023 untuk penanganan banjir Rp30 miliar.

Jumlah ini alami kenaikan lebih dari 50 persen dibandingkan anggaran tahun 2022 sebesar Rp12 miliar. Jumlah tersebut termasuk untuk biasa operasional dan pemeliharaan (OP) serta pembelian alat berat.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index