Jelang Dioperasikan, Pekerja Tol Pekanbaru-Bangkinang Ikuti Pelatihan

Jelang Dioperasikan, Pekerja Tol Pekanbaru-Bangkinang Ikuti Pelatihan
Ilustrasi

Riauaktual.com - Jelang pengoperasian Tol Pekanbaru - Bangkinang (Penang) PT Hutama Karya (HK) sudah mulai mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan ditempatkan diberbagai sektor kerja. 

Mereka yang berstatus calon karyawan di Tol Penang mengikuti pelatihan selama 37 hari. Yakni terhitung sejak 18 Agustus lalu hingga 25 September 2022.

Demikian dikatakan Direktur Operasi III PT HK, Koentjoro, Rabu (5/9/22) kemarin. Menurutnya, pelatihan itu, sebagai bentuk kesiapan SDM saat pengoperasian jalan bebas hambatan kedua di Provinsi Riau ini. 

"Sebelum tol ini dioperasikan, kita lakukan  persiapan dari sisi SDM dulu. Kegiatan trainingnya selama 37 hari," kata Koentjoro. 

Adapun pelatihan tersebut meliputi kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat. Kemudian ada juga kemekanikan dan elektrikal, sistem transaksi, peralatan tol hingga pelatihan rescue dan derek.

Selain teori, dalam pelatihan ini juga dilakukan praktek atau simulasi penanganan dengan melibatkan beberapa praktisi yang berpengalaman di bidangnya. 

Calon karyawan wajib memahami akan tugas dan peran masing-masing di tol sepanjang 40 kilometer (km) itu, yang menghubungkan ibukota provinsi dan Bangkinang tersebut. 

"Tujuan training bagi calon karyawan agar dapat siaga di lapangan dan benar-benar dibekali keahlian dan kemampuan untuk mengoperasikan jalan tol sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol,” papar Koentjoro. 

Hanya saja kapan Tol Permai dioperasikan atau diresmikan, belum dipaparkan. Karena itu merupakan kewenangan pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerhaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sementara PT HK sebagai pelaksana kegiatan pekerjaan dan bertanggung jawab pengoperasian, sudah mempersiapkan  segala tekhnis dibutuhkan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index