Kedepankan Sikap Edukatif dan Preemtif, Ditlantas Polda Riau Beri Tindakan ke 46 Pengendara

Kedepankan Sikap Edukatif dan Preemtif, Ditlantas Polda Riau Beri Tindakan ke 46 Pengendara

Riauaktual.com - Kegiatan edukatif dan preemtif kepada sejumlah pengendara dilakukan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Senin (3/10/2022) di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Kegiatan tersebut bertepatan dengan kegiatan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 yang dilaksanakan selama dua minggu kedepan terhitung 3 Oktober sampai 16 Oktober.

Dimana kegiatan preemtif dan edukatif merupakan tindakan polisi dengan mengedepankan imbauan serta pendekatan kepada Masyarakat dalam berkendara.

"Sore ini kita melakukan kegiatan edukatif dan preemtif untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022," kata PS Kasubbid Kamsel Ditlantas Polda Riau, Kompol Brigitta Atvina.

Disampaikan mantan Kasat Lantas Polres Siak itu, pada kegiatan itu polisi tidak melakukan penindakan pada pengendara yang tidak memiliki kelengkapan saat berkendara baik roda dua maupun roda empat.

"Kita tidak melakukan penindakan. Kita mengimbau dan memberikan pengarahan serta cara tertib berkendara. Kita juga memberikan brosur sebagai penghargaan agar mematuhi peraturan lalulintas," ungkapnya.

Walaupun pelaksanaan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022 baru dilakukan hari ini di Pekanbaru, Ditlantas Polda Riau sudah mencatat 46 pengendara yang diberikan tindakan.

"Hari ini kita sudah menindak sebanyak 46 pengendara. Pada umumnya mereka tidak menggunakan helm saat berkendara," sambung Brigitta.

Adapun 7 sasaran serta penindakan pelanggaran yakni, tidak memakai helm SNI dan sabuk pengaman, menggunakan HP saat berkendara, berboncengan lebih dari 1 orang.

Pengendara dibawah umur, melebihi batas kecepatan, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan melawan arus dan pelanggaran kasat mata lain nya.

"Operasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, Lakalantas dan fatalitas serta meningkatnya disiplin berlalu lintas,” tutupnya

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index