Pasca Terima Sertifikat HPL Pasar Cik Puan, Pemko Pekanbaru Hitung Nilai Bangunan

Pasca Terima Sertifikat HPL Pasar Cik Puan, Pemko Pekanbaru Hitung Nilai Bangunan
Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, segera tindaklanjuti pembangunan Pasar Cik Puan pasca menerima sertifikat HPL dari BPN beberapa waktu lalu.

Pemerintah kota berencana pembangunan bakal dilanjutkan tanpa menggunakan APBD Kota Pekanbaru. Pemerintah kota telah meminta bantuan pusat agar pembangunan mendapat dukungan dari APBN.

Namun tidak menutup kemungkinan pembangunan pasar ini melalui sumber dana pemerintah lainnya.

"Kita lihat perkembangan nanti, mana yang lebih baik untuk pemerintah maupun pedagang," terang Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat (30/9/2022).

Pihaknya belum memastikan kapan pembangunan Pasar Cik Puan berlanjut walau sudah mendapat sertifikat HPL. Pihaknya saat ini sedang proses appraisal adalah proses penaksiran nilai bangunan yang ada saat ini.

Pasalnya pembangunan fisik Pasar Cik Puan sempat mangkrak selama beberapa tahun belakangan. Kondisi bangunan Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru saat ini masih terbengkalai. Bangunan berlantai tiga tanpa dinding di Jalan Tuanku Tambusai belum kunjung berfungsi.

"Jadi sedang dihitung nilainya, agar diketahui nilainya nanti," jelasnya.

Hasil penilaian tersebut nantinya bakal menjadi dasar membuat kebijakan terkait kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan. Ia menilai bisa saja ada pembangunan di konstruksi lama atau ada penyesuaian nantinya.

"Maka kita lihat nanti hasil penilaiannya, tentu bisa kita siapkan kebijakannya, apakah melanjutkan bangunan lama atau dibuat bangunan baru," pungkasnya. 

Berita Lainnya

index