Musim Penghujan, BPBD Riau Minta Kabupaten/Kota Siap Siaga

Musim Penghujan, BPBD Riau Minta Kabupaten/Kota Siap Siaga
Kepala BPBD Riau M Edy Afrizal

Riauaktual.com - Saat ini sejumlah wilayah di Riau dalam ancaman banjir. Khususnya daerah yang selama ini menjadi tempat langganan banjir.

Terlebih memasuki September hingga penghujung tahun 2022 ini, potensi bencana banjir diprediksi akan semakin meningkat seiring dengan tingginya curah hujan.

Saat ini bencana banjir sudah mulai terjadi di beberapa titik di Riau. Seperti di Dumai, Pekanbaru, Pelalawan, Kuansing dan Rohul.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal , Kamis (22/9/2022) menegaskan, bahwa pihaknya selalu memonitor dan berkoordinasi dengan BPBD di daerah untuk memantau perkembangan bencana banjir di seluruh wilayah di Riau. 

"Kita terus memonitor, akan ada peringatan dini dari BNPB yang selalu mengingatkan daerah mana yang rawan. Kita kemudian meminta daerah untuk siap siaga, mulai dari personil, sarana prasarana, dan hal lainnya," katanya.

Sementara untuk penetapan status siaga darurat banjir, saat ini belum bisa ditetapkan. Sebab untuk penetapan status siaga darurat banjir tingkat provinsi harus ada dua daerah yang mengalami banjir dan menetapkan status siaga banjir. 

Jika syarat tersebut terpenuhi, maka BPBD Provinsi Riau sudah bisa menetapkan status siaga banjir untuk tingkat provinsi.

"Kalau sudah ditetapkan daerah, kita juga di provinsi akan menet

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index