Pemko Bakal Aktifkan Kembali Seluruh Koridor Bus TMP

Pemko Bakal Aktifkan Kembali Seluruh Koridor Bus TMP
Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso,

Riauaktual.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana kembali mengaktifkan koridor Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang sempat tidak dilalui akibat pandemi Covid-19.

Ada sejumlah koridor yang bakal dilalui Bus TMP nantinya untuk melayani transportasi masyarakat Pekanbaru. Rencana ini seiring adanya subsidi bagi pengguna jasa bus TMP.

Subsidi ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib Dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun 2022. Maka pemerintah daerah wajib untuk menyalurkan 2 persen dari Dana Transfer Umum (DTU) untuk bantuan sosial.

Penyaluran bantuan ini termasuk untuk pemberian subsidi sektor transportasi angkutan umum di daerah. Program ini sejalan dengan layanan angkutan umum bus TMP.

"Kita menilai ini sejalan dengan program kegiatan pemerintah kota, angkutan umum bus Trans Metro Pekanbaru," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso, Selasa (20/9/2022).

Ia menilai peraturan menteri keuangan ini memberi udara segar untuk meningkatkan layanan bus TMP. Pemerintah juga bakal membuka kembali semua koridor yang sudah tersedia.

Menurutnya, kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) ternyata membuat tingkat keterisian bus TMP meningkat. Namun pos anggaran yang masih terbatas membuat bus TMP masih belum melayani seluruh koridor yang ada.

Ia mengaku, saat ini bus TMP hanya melayani delapan dari sepuluh koridor yang ada. Total ada 40 unit bus melayani para penumpang di delapan koridor itu.

Delapan koridor tersebut yakni Koridor 01 Pandau - Ramayana, Koridor 1A MPP - Bandara SSK II, Koridor 02 Terminal BRPS - Kulim, Koridor 03 Awal bros - UIN Panam dan Koridor 4A Ramayana - Tangor. Lalu Koridor 4B MPP - BRPS, Koridor 4C MPP Kantor tenayan dan Koridor 8A MPP - Unilak. 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index