Buang Air Kecil di Kawasan Hutan Kuala Kampar, Seorang Kontraktor Diserang Harimau

Buang Air Kecil di Kawasan Hutan Kuala Kampar, Seorang Kontraktor Diserang Harimau
Seorang kontraktor, Nihar (41) diserang harimau Sumatera (Panthera Trigris Sumatera)

Riauaktual.com - Seorang kontraktor, Nihar (41) diserang harimau Sumatera (Panthera Trigris Sumatera) saat buang air kecil di dalam kawasan hutan produksi Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Sabtu (3/9/2022) malam.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya alam (BBKSDA) Riau, Genman S Hasibuan saat dikonfirmasi membenarkan perihal tersebut.

"Benar ada konflik manusia dengan harimau Sumatera di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan. Dimana konflik terjadi saat korban selesai buang air kecil dan akan keluar tiba-tiba harimau Sumatera mencakar bagian tubuhnya," katanya, Selasa (6/9/2022).

Atas kejadian tersebut, korban langsung berteriak meminta tolong. Beberapa rekan korban datang langsung menolong korban hingga harimau Sumatera menjauh.

"Kita telah melakukan tindakan seperti memasang kamera jebakan sebanyak 10 unit guna memantau pergerakan dan keberadaan harimau Sumatera," ungkapnya.

Genman menduga harimau yang menyerang Nihar masih individu yang sama dengan harimau yang menyerang pekerja wanita bernama Seha Sofiana, Jumat (19/8/2022) lalu.

Sebab lokasi kejadian kali ini hanya berjarak sekitar 2,5 kilometer dari kejadian sebelumnya.

"Kami menduga ini harimau yang sama. Berdasarkan rekaman kamera jebak, tampak hanya satu ekor harimau betina dewasa. Kami juga menghimbau kepada karyawan agar berhati-hati dan tidak keluar sendirian pada tengah malam," sebut Genman.

Genman menegaskan BBKSDA Riau akan segera berkoordinasi dengan managemen perusahaan untuk upaya komprehensif konservasi harimau di area konsesinya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index